Setelah Anda meletakkan karya di sana, mudah untuk melupakannya dan melanjutkan pembuatan konten. Namun, meskipun peringkat konten Anda pada awalnya baik, peringkatnya dapat turun seiring waktu, yang menyebabkan pembusukan konten.
Konten segar sangat penting untuk optimasi mesin pencari (seo). Jadi, apa yang menyebabkan pembusukan konten? Dalam postingan ini, kami akan membahas apa yang terjadi pada konten dari waktu ke waktu dan bagaimana Anda dapat membuatnya kompetitif kembali.
Ingin mengobrol dengan ahli strategi tentang strategi pemasaran konten Anda? Panggilan 888-601-5359 hari ini!
Jangan lewatkan email Marketing Manager Insider kami!
Bergabung 200.000 pemasar cerdas dan dapatkan berita dan wawasan pemasaran terpanas bulan ini yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda!
Masukkan email Anda di bawah ini:
(Jangan khawatir, kami tidak akan pernah membagikan informasi Anda!)
Peluruhan konten 101
Mari kita bahas dasar-dasar pembusukan konten.
Apa itu peluruhan konten?
Peluruhan konten adalah penurunan lalu lintas organik dari waktu ke waktu untuk satu atau beberapa halaman.
Halaman Anda secara alami akan berperingkat lebih rendah dari waktu ke waktu karena konten baru diterbitkan dan halaman lama menjadi kurang relevan. Langkah ini adalah bagian normal dari seo — sebagian besar halaman tidak mempertahankan lalu lintas tinggi selamanya.
Cara mengidentifikasi pembusukan konten
Untuk menemukan kerusakan konten, Anda harus secara konsisten melacak indikator kinerja utama (KPI) halaman Anda untuk mengetahui halaman mana yang kehilangan lalu lintas. Jika halaman tidak mendapatkan lalu lintas sebanyak sebelumnya, halaman tersebut mengalami pembusukan konten.
Beberapa indikator penting dari konten yang membusuk adalah:
Anda juga dapat mencari kata kunci target Anda dan melihat di mana peringkat halaman Anda.
Alat peluruhan konten
Sekarang setelah Anda mengetahui cara mengidentifikasi kerusakan konten, Anda dapat menggunakan alat peluruhan konten ini untuk membantu Anda mengidentifikasi laman yang berkinerja buruk:
Google Analytics
Gunakan Google Analytics untuk melacak lalu lintas dan konversi selama periode tertentu. Anda dapat mengakses seluruh situs atau halaman individu untuk melihat mana yang berkinerja terbaik.
Berikut adalah contoh laporan yang dapat Anda lihat untuk halaman Anda:
Anda juga dapat melacak demografi untuk melihat jenis orang yang datang ke situs Anda dan mempertimbangkannya saat memperbarui konten Anda.
Ahrefs
Situs web Ahrefs memungkinkan Anda memilih rentang waktu dan mencatat setiap perubahan lalu lintas ke halaman selama waktu tersebut. Anda juga dapat memeriksa berapa banyak kata kunci yang diperingkat halaman, bersama dengan kenaikan atau penurunan.
Saya mencari di situs web Apple untuk contoh grafik:
Pemeriksa seo
Alat seo gratis kami akan memberi peringkat kesehatan seo halaman Anda dan memberi Anda laporan. Dari situ, Anda bisa belajar dari titik lemah untuk melakukan perubahan pada situs Anda.
Mengapa pembusukan konten penting?
Anda ingin semua halaman bekerja dengan baik, di situlah seo masuk. Namun, seo adalah proses yang berkelanjutan — bukan perbaikan instan. Saat Anda berupaya agar peringkat halaman Anda baik, penting untuk mengikutinya.
Peluruhan konten berdampak pada seo melalui:
- Relevansi informasi: Jika informasi Anda kedaluwarsa beberapa tahun atau maksud pencarian telah berubah, Google akan menganggap halaman Anda tidak relevan bagi penggunanya. Pencari yang mengklik kemungkinan akan terpental ketika mereka tidak menemukan apa yang mereka butuhkan.
- Kinerja tautan balik: Peluruhan konten membuat halaman Anda cenderung mempertahankan backlink. Situs lain tidak ingin menautkan ke halaman Anda jika mereka tahu Anda tidak memperbaruinya atau jika informasinya sudah lama.
- Visibilitas halaman: Saat pesaing membuat konten baru, konten Anda akan didorong ke bagian bawah halaman hasil mesin pencari (SERP). Ini akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan bagi prospek untuk menemukan situs Anda.
- Konversi: Dengan lebih sedikit orang yang mengunjungi situs Anda, Anda mungkin melihat penurunan konversi — dari halaman tersebut atau secara umum. Anda ingin orang-orang tetap berada di situs Anda untuk melihat apa yang Anda tawarkan, tetapi itu tidak mungkin terjadi jika mereka hanya menemukan konten usang.
Dengan terus memantau pembusukan konten, Anda dapat menunjukkan kepada Google bahwa Anda adalah sumber tepercaya dengan data terkini. Anda dapat mempertahankan lalu lintas berkualitas dan memastikan orang mengunjungi situs Anda untuk berkonversi.
Cara menyegarkan konten Anda
Kami sekarang tahu apa yang menyebabkan pembusukan konten, jadi inilah waktunya untuk memperbaiki beberapa halaman! Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki konten Anda yang membusuk.
1. Perbarui informasi
Pastikan semua informasi di posting blog Anda relevan dengan industri atau bisnis Anda. Bergantung pada industri Anda, penelitian atau kemajuan baru mungkin muncul sejak Anda pertama kali menulis halaman.
Ganti data lama dengan informasi yang lebih baru untuk membantu menjaga pembaca Anda tetap terhubung. Periksa hal berikut:
- Statistik
- Kebijakan dan informasi perusahaan
- Deskripsi produk
- Tahun
- Tautan keluar
Pastikan juga untuk menghapus tangkapan layar atau video bertanggal. Anda ingin halaman Anda terlihat modern — tangkapan layar lama mungkin tidak disukai audiens Anda.
2. Tambahkan konten baru
Jika Anda ingin menyegarkan halaman, coba tambahkan konten baru. Lihat artikel peringkat lainnya, lihat topik apa yang mereka bahas, dan terapkan konten itu ke halaman Anda. Anda tidak perlu memulai dari awal — Anda dapat mengembangkan apa yang sudah Anda miliki untuk meningkatkan peringkat halaman.
Katakanlah Anda menulis posting blog tentang kamera keamanan. Jika Anda melihat SERP, Anda mungkin memperhatikan bahwa halaman serupa menyertakan bagian cara menemukan kamera keamanan. Anda harus memasukkan informasi itu ke dalam bagian Anda untuk membantu mencocokkan maksud pencarian pengguna.
Saat Anda menambahkan konten baru, lakukan riset kata kunci untuk setiap bagian baru guna menemukan frasa tambahan untuk disertakan.
3. Gabungkan postingan
Jika Anda memiliki beberapa posting blog yang lebih kecil dengan peringkat yang sama, gabungkan menjadi satu posting utama. Anda dapat mengubah konten bentuk pendek Anda menjadi satu posting bentuk panjang yang kuat.
Meskipun konten berdurasi pendek memiliki manfaat, konten berdurasi panjang memungkinkan Anda:
- Beri peringkat untuk lebih banyak kata kunci.
- Jelaskan topik secara lebih rinci.
- Buat lebih banyak konten yang dapat dibagikan.
Jika Anda sudah memiliki teks, Anda dapat menyegarkan dan menggabungkannya untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik sebagai halaman baru.
4. Refresh data seo
Data yang berfokus pada seo juga dapat membantu Anda menyegarkan halaman Anda dan mencerminkan perubahan baru. Simak informasi berikut ini:
- Deskripsi meta: Apakah deskripsi meta Anda menggambarkan halaman Anda secara akurat?
- Judul: Apakah Anda memiliki judul menarik yang memisahkan halaman Anda dari yang lain? Apakah judul Anda menyertakan kata kunci utama?
- Kata kunci: Apakah halaman Anda berkaitan dengan kata kunci target Anda? Apakah semua kata kunci dimasukkan secara alami? Bisakah Anda menambah atau mengganti beberapa kata kunci dengan opsi peringkat yang lebih tinggi?
5. Periksa tautan
Tautan rusak dapat memengaruhi seo Anda dan menyulitkan pengguna untuk bernavigasi. Telusuri halaman berperingkat rendah untuk menemukan tautan yang rusak atau kedaluwarsa.
Mencari:
- Tautan yang menyebabkan pengalihan tanpa akhir
- Halaman yang sudah tidak ada lagi
- Tautan yang mengarah ke situs web berisi spam
Ganti tautan yang meragukan dengan sumber alternatif untuk meningkatkan peringkat halaman Anda.
6. Tingkatkan pengalaman pengguna (UX)
UX yang mengundang akan membuat pengguna di halaman Anda lebih lama dan membantu mereka menavigasi situs Anda. Berikut ini berkontribusi pada UX yang buruk:
- Waktu pemuatan lambat
- Visual yang mengganggu
- Gambar atau video tidak responsif
Sebagian besar masalah ini akan Anda temui segera setelah menerbitkan halaman Anda. Namun, memeriksa ulang fitur-fitur ini akan memastikan pengalaman yang lancar bagi setiap pembaca.
7. Perbarui tanggal penerbitan
Setelah Anda melakukan perubahan, perbarui tanggal penerbitan jika memungkinkan. Langkah ini akan menunjukkan kepada pembaca — dan Google — tanggal yang diperbarui dan memberi tahu mereka bahwa halaman tersebut mutakhir dan relevan.
Jika halaman Anda sensitif terhadap waktu, itu akan muncul di publikasi terbaru saat pengguna memfilter tanggal pencarian mereka:
Jika Anda memiliki tahun di judul posting blog Anda, Anda juga dapat memperbarui tahun ini atau tahun depan untuk menunjukkan bahwa kontennya segar.
Ingin bantuan dengan seo yang sedang berlangsung?
Setelah Anda memahami peluruhan konten, saatnya menerapkan strategi pencegahan. Pemeriksaan seo yang konsisten dapat mencegah halaman Anda gagal dan meningkatkan peringkat Anda.
WebFX menawarkan layanan seo berkelanjutan dan layanan pemasaran konten untuk membantu Anda memaksimalkan peringkat di setiap halaman.
Lihat panduan pemasaran gratis kami untuk wawasan lebih lanjut, lalu hubungi kami secara online atau hubungi kami di 888-601-5359 hari ini!