Apa itu Periklanan Terprogram? Bagaimana cara kerjanya? melalui @sejournal, @brookeosmundson


Apa itu Periklanan Terprogram?  Bagaimana cara kerjanya?



Iklan terprogram telah menjadi kata kunci dalam industri pemasaran selama beberapa waktu. Tapi apa sebenarnya yang programatik lakukan? Dan apa bedanya dengan pemasaran tampilan tradisional?

Baca terus untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui untuk menjadi sukses di iklan terprogram.

Apa itu Periklanan Terprogram?

Iklan terprogram menggunakan teknologi otomatis dan alat algoritme untuk pembelian media. Istilah terprogram berkaitan dengan proses bagaimana iklan dibeli dan dijual di ruang iklan.

Iklan terprogram berbeda dari metode pembelian media yang lebih tradisional dalam penggunaan otomatisasinya.

Ini menganalisis banyak sinyal pengguna untuk memastikan bahwa iklan ditayangkan kepada orang yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat.

Pikirkan terprogram sebagai payung dalam kategori ini, di mana berbagai jenis pembelian terprogram dikategorikan di bawahnya.

Apa Perbedaan Antara Iklan Terprogram dan Iklan Bergambar?

Sangat mudah untuk mengacaukan iklan bergambar dan iklan terprogram, terutama dengan langkah yang telah dibuat Google dalam kemampuan penawaran otomatis dan waktu nyatanya.

Perbedaan terbesar antara terprogram dan tampilan adalah:

  • Terprogram mengacu pada bagaimana iklan dibeli.
  • Tampilan mengacu pada format tentang bagaimana iklan muncul.

Perbedaan terbesar kedua antara tampilan dan terprogram adalah kemampuan untuk membeli iklan di seluruh platform.

Iklan bergambar lebih sering dirujuk saat menempatkan iklan dalam satu jaringan iklan tertentu, seperti Jaringan Display Google.

Iklan terprogram, di sisi lain, membawa media tampilan ke tingkat berikutnya.

Ada beberapa platform untuk terprogram, seperti platform sisi penjualan (SSP) dan platform sisi permintaan (DSP), yang memungkinkan pengiklan untuk membeli inventaris iklan di seluruh jaringan platform terbuka.

Dengan program dan tampilan, pengiklan biasanya memiliki kontrol atas hal-hal berikut:

  • Hadirin.
  • Strategi penawaran.
  • Anggaran.
  • Kreatif dan aset.
  • Penempatan.

Platform Periklanan Terprogram

Teknologi otomatis telah membuat langkah signifikan selama bertahun-tahun.

Ada banyak jenis platform terprogram.

Tiga jenis utama platform adalah:

  • Platform sisi jual. Juga dikenal sebagai “platform sisi penawaran”, platform ini memungkinkan penerbit untuk menjual tayangan iklan mereka kepada pengiklan secara real time. Platform ini mencakup DSP dan pertukaran iklan.
  • Platform sisi permintaan. Platform ini memungkinkan pengiklan untuk membeli inventaris iklan di beberapa platform sekaligus.
  • Penukar iklan. Beginilah cara SSP mengalirkan inventaris iklan mereka ke DSP. DSP terhubung ke penukar iklan, di mana harga iklan berfluktuasi berdasarkan daya saing inventaris tersebut.

Untuk membiasakan diri Anda dengan berbagai jenis platform, mari kita lihat beberapa pemain utama di setiap kategori.

Platform Sisi Jual

Daftar lengkap SSP untuk penerbit meliputi:

  • Pengelola Iklan Google.
  • Layanan Penerbit Amazon.
  • BukaX.
  • Google AdMob.
  • Teknologi Iklan Yahoo.
  • TripleLift.
  • PubMatic.
  • Media Verizon.
  • Xandr (Microsoft).
  • Bursa Indeks.
  • Sovrn.
  • magnet.
  • Media.net.
  • kriteria.

Jika Anda mencari video SSP, beberapa perusahaan terkemuka antara lain:

  • SpotX.
  • teh.
  • AdColony (sekarang DigitalTurbine).

Meskipun ada banyak lagi yang tersedia untuk penerbit, ini adalah perusahaan yang mungkin pernah Anda dengar tetapi mungkin tidak terkait dengan teknologi terprogram.

Platform Sisi Permintaan

Mirip dengan SSP, nama perusahaan ini mungkin membunyikan lonceng dan menawarkan DSP.

Beberapa DSP teratas meliputi:

  • Tampilan & Video 360 (Google).
  • Meja Perdagangan.
  • Amazon DSP.
  • LiveRamp.
  • Adobe Advertising Cloud DSP.
  • StackAdapt.
  • amuba.
  • Teknologi Iklan Yahoo.
  • Gulungan Iklan
  • Basis (sebelumnya Centro).
  • IramaSatu.
  • coklat.
  • BrightRoll.

Beberapa DSP yang lebih besar untuk TV dan video Terhubung meliputi:

  • TubeMogul.
  • OneView (Roku).
  • MediaMath.

Sekali lagi, ada lebih banyak DSP yang tersedia untuk pengiklan. Sangat penting untuk memilih DSP dengan fitur dan inventaris yang Anda cari.

Beberapa DSP menawarkan iklan layanan mandiri, sementara yang lain menawarkan layanan mandiri dan layanan terkelola penuh (kemungkinan untuk pengiklan atau agensi yang lebih besar).

Penukar Iklan

Beberapa penukar iklan terkenal yang tersedia untuk penerbit meliputi:

  • Xandr (Microsoft).
  • Media Verizon.
  • BukaX.
  • PubMatic.
  • Google Ad Exchange.
  • Bursa Indeks.
  • magnet.
  • Smaat.

Tidak semua pertukaran iklan sama.

Penting bagi penerbit untuk meneliti opsi dengan cermat dan memilih platform yang sesuai dengan tujuan mereka.

Berapa Biaya Iklan Terprogram?

Sederhananya, iklan terprogram dapat menghabiskan biaya sesedikit atau sebanyak yang dimungkinkan oleh anggaran Anda.

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa usaha kecil tidak dapat memperoleh manfaat dari teknologi terprogram – tetapi kami di sini untuk memperbaikinya.

Iklan terprogram biasanya dibeli berdasarkan biaya per seribu tayangan (BPS).

CPM biasanya berkisar antara $0,50-$2,00.

Namun, CPM bisa jauh lebih tinggi berdasarkan faktor-faktor seperti:

  • DSP mana yang Anda pilih.
  • Audiens target Anda.
  • Tingkat daya saing.

Aturan praktis yang baik untuk biaya iklan terprogram adalah: Semakin banyak niche audiens Anda, semakin tinggi CPM yang akan Anda bayar.

Jadi, apakah Anda seorang pengiklan multi-juta dolar atau bisnis kecil yang baru memulai, Anda mungkin dapat menyesuaikan program dengan anggaran iklan Anda.

Apa Manfaat Iklan Terprogram?

Ada banyak manfaat untuk memasukkan iklan terprogram ke dalam strategi pemasaran Anda.

Beberapa manfaat teratas meliputi:

  • Jangkauan audiens skala besar.
  • Kesadaran yang efisien dan berbiaya rendah.
  • Data dan analisis waktu nyata.
  • Kemampuan untuk memanfaatkan data pihak pertama dan ketiga.
  • Peluang untuk strategi kampanye lintas perangkat.

Jangkauan Pemirsa Berskala Besar

Dapat dikatakan bahwa manfaat terbesar dari iklan terprogram adalah kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang.

Terprogram adalah cara terbaik untuk membeli inventaris iklan untuk menjangkau massa karena banyaknya inventaris lintas platform.

Kesadaran yang Efisien Dan Berbiaya Rendah

Terkait dengan manfaat penskalaan jangkauan di atas, terprogram adalah salah satu jenis iklan yang paling hemat biaya saat ini.

Sebelumnya, kita telah membahas BPS rata-rata untuk rata-rata terprogram antara $0,50-$2,00.

Bahkan dengan anggaran kecildana pemasaran Anda bisa sangat jauh untuk menjangkau audiens target Anda dan meningkatkan kesadaran akan produk atau layanan Anda.

Data dan Analisis Real-Time

Karena platform terprogram bergantung pada penawaran waktu nyata, pengiklan menuai keuntungan dengan menerima data yang hampir waktu nyata.

Mengapa ini penting?

Data real-time berarti Anda dapat membuat keputusan dan pivot lebih cepat. Ini juga menempatkan Anda dalam mode proaktif – bukan reaktif –.

Memanfaatkan Data Pihak Pertama Dan Ketiga

Manfaat lain dari iklan terprogram adalah jenis segmen data yang tersedia untuk pengiklan.

Misalnya, pengiklan dapat mengunggah data milik pihak pertama dengan cara yang aman dan menargetkan orang-orang tersebut secara langsung, menggunakan sinyal penawaran waktu nyata.

Mengambil langkah lebih jauh, DSP memiliki banyak segmen pihak ketiga yang dapat dipilih pengiklan untuk ditargetkan jika mereka tidak memiliki data pihak pertama.

Jenis lain dari data pihak ketiga yang dapat dimanfaatkan pengiklan adalah mengubah data pihak pertama mereka menjadi data pihak ketiga dengan membuat pemirsa serupa dari pelanggan mereka sendiri.

Jalan ini membuka pintu untuk menemukan pelanggan baru yang serupa dengan pelanggan saat ini.

Strategi Kampanye Lintas Perangkat

Penting untuk diperhatikan bahwa iklan terprogram biasanya dilihat sebagai taktik kesadaran.

Karena itu, perusahaan yang hanya melihat kesuksesan klik terakhir sering mengabaikan potensi sebenarnya dari periklanan terprogram.

Jadi, bagaimana programmatic cocok dengan kampanye lintas perangkat?

Kuncinya adalah menangkap kesadaran awal itu kepada pengguna melalui iklan terprogram.

Kemungkinan, pengguna tidak akan membeli produk atau layanan setelah interaksi pertama dengan merek.

Setelah minat pengguna memuncak, Anda memiliki kemampuan untuk memasarkan ulang kepada mereka di platform lain berdasarkan interaksi atau keterlibatan mereka dengan iklan awal tersebut.

Menggabungkan data itu bersama-sama dari interaksi pertama hingga pembelian akhirnya adalah kunci untuk menentukan keberhasilan strategi terprogram Anda.

Jenis Iklan Terprogram

Ada berbagai jenis iklan terprogram.

Ini tidak boleh disamakan dengan platform terprogram itu sendiri.

Jenis iklan terprogram hanyalah cara pengiklan membeli inventaris iklan.

Empat jenis yang paling umum adalah:

  • Penawaran waktu nyata. Jenis penawaran ini terbuka untuk semua pengiklan, tempat lelang iklan terjadi secara waktu nyata. Ini juga dikenal sebagai “pasar terbuka.”
  • Pasar pribadi. Penawaran ini terjadi ketika penerbit memiliki perjanjian dengan pengiklan dalam jumlah terbatas. Situs web ini biasanya menawarkan harga premium karena ruang iklan yang didambakan.
  • Penawaran pilihan. Jenis iklan terprogram yang kurang dikenal. Pengiklan memilih tempat iklan sebelum mereka pergi ke pasar pribadi atau terbuka. Ini juga dikenal sebagai “pembelian di tempat”.
  • Dijamin terprogram. Mirip dengan transaksi pilihan, tetapi tidak ada penawaran lelang. Penayang dan pengiklan menyetujui harga tetap untuk inventaris iklan.

Contoh Iklan Terprogram

Iklan terprogram hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Keindahan menggunakan iklan terprogram adalah menyesuaikan konten dengan audiens target yang Anda pilih.

Beberapa kampanye terprogram yang dijalankan dengan baik meliputi:

Yayasan Amanda

Yayasan Amanda adalah rumah sakit hewan nirlaba dan penyelamatan tempat penampungan di daerah Los Angeles.

Ini menciptakan kampanye untuk membantu hewan penampungan yang berisiko menemukan rumah selama hari-hari terakhir mereka.

Secara khusus, ini memanfaatkan sinyal terprogram seperti lokasi, demografi, dan perilaku penelusuran untuk menyesuaikan gambar hewan tertentu dengan audiensnya.

Jika pengguna tertarik dengan anjing besar, mereka akan disuguhi iklan spanduk dengan anjing besar, bukan anjing kecil.

Seperti yang Anda lihat, pesan dan gambar adalah disesuaikan dengan perilaku dan minat individu.

iklan yang disesuaikan, hewan yang berbeda ditampilkan untuk individuGambar dari Amanda Foundation, Agustus 2022

Asuransi Geico

Anda kemungkinan besar pernah melihat atau mendengar beberapa versi iklan Geico.

Pernahkah Anda memikirkan berbagai iklan yang ditargetkan Geico untuk Anda?

Geico menggunakan format iklan seperti iklan TV, iklan spanduk situs web, iklan media sosial, dan lainnya, untuk membuat kampanye kesadaran lintas platform yang sebenarnya.

Merek dengan hati-hati memilih kontennya berdasarkan platform yang dilayaninya, audiens target dan demografi, dan banyak lagi.

Iklannya sangat populer, bahkan Geico mendedikasikan halaman sumber daya di situs webnya di mana pengguna dapat melihat iklan favorit mereka.

Kesimpulan

Dasar-dasar dan manfaat periklanan terprogram dapat membantu memandu strategi terprogram yang ada, atau jika Anda baru memulai, buat strategi baru yang menggabungkan terprogram.

Memahami fungsionalitas dan fitur setiap platform akan menjadi komponen penting dari kesuksesan program Anda.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

logo-whatsapp
1
error: