Cara Lengkap Gpsg Iklan di TikTok

Published
On 04/01/2023
By gusviradigital


TIK tok aplikasi adalah sebuah aplikasi video pendek yang belakangan ini meramaikan media sosial di dunia. Hingga kini, TikTok dianggap sebagai aplikasi Gen Z dan millenials, karena rata-rata usia penggunanya di bawah 30 tahun. Hal ini yang membuat para pengusaha atau pengiklan mulai membangun strategi pemasaran di TikTok. Apalagi sekarang ini TikTok sudah meluncurkan fitur TikTok Iklan yang bagus sebagai bagian dari strategi digital marketing di media sosial.

Dilaporkan dari kamar mandi, TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dengan jumlah pengguna aktif seperti itu, TikTok mengalahkan LinkedIn yang membuka 660 juta, Reddit 430 juta hingga Twitter 340 juta. Dari data tersebut, Anda akan memperoleh keuntungan tersendiri jika dipasang di TikTok. Sebelum membahas cara-cara untuk memasang iklan di TikTok, sebaiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan TikTok Ads.

Melansir laman di Later, TikTok Ads adalah sebuah perangkat yang menyediakan fitur penargetan, pembuatan iklan, laporan wawasan, dan manajemen iklan untuk para pencipta konten di TikTok. Alat satu ini menawarkan platform kuat yang bisa membantu merek untuk mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia. Iklan TikTok saat ini memiliki dua opsi penganggaran, harian (daily) atau seumur hidup (lifetime). Dengan kedua opsi tersebut, anggaranmu menjadi fleksibel. Dalam arti, kamu dapat menyesuaikan anggaran sesuai kebutuhan badan usaha selama kampanye berlangsung. Alat ini mampu menargetkan audiens perusahaan berdasarkan jenis kelamin, lokasi, usia, minat, dan variabel unik lainnya. Untuk itu, artikel Merchant kali ini akan membahas mengenai cara-cara agar Anda dapat memulai pemasangan iklan di TikTok.

  1. Buat Akun Iklan di TikTok

Untuk membuat kampanye iklan pertama Anda, Anda dapat mengunjungi halaman beranda TikTok untuk bisnis dan klik tombol memulai. Anda akan dialihkan ke halaman Gabung. Jika belum memiliki akun, tentu saja Anda harus membuat akunnya lebih dulu melalui tombol Daftar. Kemudian, Anda akan dialihkan kembali ke halaman TikTok Iklan dan diminta melanjutkan pembuatan akun iklan TikTok dengan cara daftar.

  • Di halaman utama klik “memulai” atau “Mulailah
  • Anda isi alamat email beserta kata sandi
  • Di kolom Kode verifikasiklik tautan “Kirim Kode”. TikTok akan mengirim kode pengungkit ke email Anda. Lalu masukkan kode pengungkit tersebut ke kolom Kode verifikasi.
  • Centang kotak persetujuan untuk TikTok Ads syarat dan Ketentuan. lalu klik tombol Daftar.
  • Masukkan kolom negara, kolom zona waktu, kolom nama bisnis, kolom nomor telepon, dan juga mata uang yang Anda gunakan
  • Centang kotak persetujuan TikTok Ads Program Ketentuan. lalu klik tombol Daftar.
  • Selanjutnya Anda perlu memasukkan informasi bisnis Anda serta informasi penagihan-nya. Setelah itu, klik tombol panah ke kanan.
  • Anda akan diminta mengisi saldo akun Anda. Rekomendasinya adalah 300 ribu hingga 1 juta. Untuk bisa mulai beriklan, minimal Anda harus mengisi 100 ribu Rupiah. Walau begitu, Anda sementara bisa lewati bagian ini dan mengisinya nanti-nanti.
  • Selamat! Sekarang akun TikTok Manajer Iklan Anda sudah siap digunakan. Di halaman utama, Anda bisa langsung membuat kampanye baru.
  1. membuat Kampanye Pada Iklan TikTok

Saat membuat kampanye, Anda harus tahu tujuan iklan Anda. Karena Anda tinggal memilih tujuan iklan (tujuan periklanan) yang sudah tersedia.

Ada lima tujuan periklanan yang bisa Anda pilih:

  • Mencapai yang tujuannya adalah agar semakin banyak orang yang mengenal bisnis atau produk Anda. Sehingga Anda ingin menyebarkan iklannya seluas mungkin.
  • Lalu lintas yang dapat mengarahkan pengguna untuk mengklik tautan menuju suatu halaman. Contohnya seperti halaman arahan dan posting blog. Sehingga, jumlah lalu lintasnya bertambah.
  • Pemasangan Aplikasi yang dapat mengarahkan pengguna ke toko aplikasi untuk melihat dan mendownload aplikasi Anda.
  • Tampilan Video bertujuan mendorong pengguna untuk menonton video Anda, sehingga jumlah dilihatnya bertambah.
  • Konversidapat mengarahkan pengguna untuk melakukan konversi. Contohnya seperti melakukan pembelian, mulai berlangganan, dan sejenisnya.
  • Jika Anda membuat kampanye baru, Anda bisa klik Membuat baru. Tapi jika Anda ingin menggunakan kampanye yang sudah ada, Anda bisa mengklik Menggunakan yang ada.
  • Pilih salah satu dari lima tujuan periklanan.
  • Di kotak Pengaturan, Anda bisa menuliskan nama campaign-nya. Contohnya seperti “Kampanye Promosi Akhir Tahun”.
  • Anda bisa mengaktifkan opsi Buat Tes Terpisah jika Anda ingin bereksperimen dan membandingkan performa masing-masing grup iklan. Tapi jika tidak, Anda perlu mengaktifkannya.
  • Pilih salah satu dari tiga opsi anggaran.
  • Klik tombol Melanjutkan untuk lanjut ke pengaturan grup iklan.
  1. Menentukan Pengaturan Grup Iklan 

Nah, sekarang waktunya menentukan mana iklannya akan muncul, siapa yang akan melihatnya, dan kapan iklannya bisa ditampilkan. Semuanya bisa Anda tentukan di grup iklan.

  • Menentukan tipe promosi yang akan Anda pilih

Pertama-tama, Anda harus menentukan kemana audiensnya akan diarahkan. Ada dua pilihan, yaitu aplikasi dan website. Kalau Anda memilih aplikasi, Anda tinggal menghubungkan link aplikasinya saja, begitu juga dengan situs pemilihan.

  • Menentukan penempatan iklan Anda

Anda harus menentukan mana iklan yang akan Anda tampilkan. Di sini, TikTok menyediakan dua opsi:

  • Penempatan Otomatis Iklan Anda secara otomatis akan ditampilkan di berbagai platform. Mulai dari platform TikTok sendiri hingga platform mitra.
  • Pilih Penempatan dimana Anda bisa memilih sendiri di mana iklannya akan ditampilkan. Apakah di TikTok saja atau di platform mitra juga.

Ada dua pengaturan lagi yang bisa Anda aktifkan di segmen penempatan iklanyaitu:

  1. Komentar Pengguna dimana diaktifkan, audiens bisa melihat komentar di iklan Anda.
  2. Unduh Video dimana jika diaktifkan, audiens dapat mendownload iklan Anda di TikTok.
  • baik Kampanye yang Sudah Dibuat

Dengan hal ini, anda bisa melakukan hal-hal dengan mudah berikut ini, ya:

  • Klik “kampanye” kemudia klik “grup iklan
  • Klik pada ikon mengubah “Nama dan Anggaran Grup Iklan

Kemudian akan muncul dasbor pengaturan di bawah ini yang bisa Anda rubah sesuai dengan tujuan Anda nantinya.

3. Mengaktifkan Pengoptimalan Materi Iklan Otomatis

Saat sedang membuat iklan, Anda pasti akan mengupload berbagai aset kreatif (seperti gambar, video, dan tulisan). Nah, dengan mengaktifkan opsi Pengoptimalan Materi Iklan Otomatis, sistem akan secara otomatis menggabungkan aset kreatif yang Anda punya. Lalu, kombinasi yang memberikan performa terbaik yang akan ditampilkan dalam bentuk iklan. Tapi, opsi ini tidak wajib Anda aktifkan kok. Anda juga bisa memilih untuk membicarakannya.

Adapun ketentuan-ketentuan apabila Anda akan menambahkan foto atau video melalui cara berikut ini :

  • Klik “membuat
  • Kemudian pilih “alat kreatif” dan tentunya maksimal Anda hanya bisa mengupload 20 foto maupun video, ya.

4. Menentukan Target Audiens

Sekarang Anda tinggal menentukan siapa yang akan menonton iklan Anda. Bagian ini sangat penting! Karena jika dipasang secara asal-asalan, iklan Anda akan salah sasaran. Opsi penargetan yang ditawarkan TikTok juga sangat detail. Anda tidak hanya dapat menentukan demografi audiens saja. Tapi juga minat dan perilaku mereka di dalam aplikasi.

Nah, sebelum menentukan audiens target, Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi:

  • membuat Pemirsa Khusus dimana anda bisa membuat “persona” audiens dengan cara mengupload file yang berisi data konsumen atau menggunakan data user di aplikasi dan website Anda. Pada jenisnya “pemirsa khusus” kamu bisa menyesuaikan audiens dengan file pelanggan, keterlibatan, aktivitas aplikasi, lalu lintas di situs web, dan generasi pemimpin.
  • membuat Penonton Serupa untuk membuat “persona” audiens berdasarkan pemirsa khusus yang sudah ada.
  • membuat Katalog yaitu Anda dapat memilih produk mana yang akan Anda jual dan pasarkan di TikTok Ads. caranya cukup mudah yaitu dengan mengklik “membuat”kemudian pilih”konfigurasikan katalog Anda”.
  • Memilih Alat Manajemen Komentar yang bertujuan untuk mengatur komen, menyerap kritik dan audiens bisnismu.

5. Mengoptimalkan Kampanye Yang Sudah Dibuat

Di luar sana kan banyak juga bisnis yang ingin beriklan, lalu bagaimana caranya TikTok menentukan iklan yang akan muncul? Jawabannya sangat sederhana yaitu mereka menentukannya dengan sistem Menawar, alias lelang. Jadi, pengiklan yang menawarkan biaya terbesar punya kesempatan lebih besar untuk menampilkan iklan mereka. Selain itu, biaya yang Anda keluarkan juga bergantung pada tujuan optimasinya. Ada tiga jenis tujuan optimasi yang bisa Anda pilih:

  • Klik jika anda ingin mendapatkan jumlah klik sebanyak mungkin. Jadi, biayanya menggunakan sistem CPC (Biaya per Klik). Artinya, Anda perlu mengeluarkan biaya setiap audiens mengklik iklannya.
  • Konversi jika anda ingin audiens melakukan konversi sebanyak mungkin. Sama seperti Click, di sini pembiayaannya juga menggunakan sistem CPC.
  • Kesan jika anda ingin iklannya muncul sebanyak mungkin audiens. Jadi biayanya menggunakan sistem CPM (Biaya per Mil). Dengan kata lain, Anda perlu mengeluarkan biaya setiap iklannya muncul di hadapan 1000 audiens.

TikTok juga menyediakan opsi Kontrol Tawaran. Jika Anda menonaktifkan opsinya, TikTok akan menggunakan seluruh anggaran yang Anda pasang. Akan tetapi, jika Anda mengaktifkan opsi biayanya, Anda dapat menentukan sendiri berapa CPC atau CPM yang ingin Anda pasang di sistem lelang.

Nah, sekarang Anda tidak tahu bahwa beriklan di TikTok itu bagus untuk pemasaran bisnis. Tapi Anda juga tahu cara membuatnya!

Akan tetapi..Apakah perjalanan bisnis Anda di TikTok hanya tentang beriklan saja? Tentu saja tidak. Anda juga bisa mempercantik akun brand Anda dengan berbagai konten menarik!

Dengan begitu, Anda bisa menarik calon pembeli untuk mengikuti akun merek Anda.

Postingan Cara Lengkap Gpsg Iklan di TikTok muncul pertama kali di Merchant.id.



Source link

gusviradigital

gusviradigital

CV. Gusvira Digital Persada merupakan salah satu penyedia jasa layanan digital di Indonesia, dengan menawarkan berbagai kebutuhan untuk pemasaran produk

Related

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo-whatsappHubungi Kami
1
error: