Cara melakukan dan Menaikan Penjualan di TikTok Live

Published
On 04/01/2023
By gusviradigital


Tren belanja di pasar dan media sosial semakin meningkat, terlebih saat persaingan bisnis digital semakin ketat. Terlepas dari dampak pandemi Covid-19, belanja on line memang menawarkan daya tarik tersendiri yang menarik perhatian banyak orang.

Tak hanya menjual melalui pasar, saat ini penjualan juga bisa dilakukan melalui media sosial, salah satunya TikTok. Jika pada promosi media sosial lain dilakukan melalui konten foto dan video, promosi dan penjualan di TikTok dapat dilakukan melalui konten penjualan streaming langsung.

melakukan pemasaran dengan siaran langsung di TikTok juga telah diterapkan oleh banyak merek-merek lokal di Indonesia seperti Jiniso, Jims Homey, Serba99, dan masih banyak lagi. Sangat tidak disangka bahwa hasil yang didapatkan dari mengadakan peristiwa melalui TikTok streaming langsung oleh beberapa merek lokal tersebut menghasilkan GMV (Nilai Barang Dagangan Bruto) yang sangat tinggi. Meskipun terkesan mudah, melakukan siaran langsung atau streaming langsung untuk memasarkan produk di TikTok memerlukan strategi khusus loh. Sebelum membahas strategi-strategi peningkatan penjualan melalui streaming langsungalangkah baiknya untuk Anda mengetahui lebih dulu tentang fitur-fitur apa aja yang ada di TikTok Siaran Langsung.

Tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, kamu juga bisa membangun komunitas on line dengan fitur streaming langsung di TikTok.

Aplikasi yang satu ini mendukung pencipta dan pemirsa untuk terhubung dan terlibat lebih dekat.

Kamu sebagai pengusaha pun bisa memanfaatkannya untuk menciptakan kedekatan antara merek dengan pelanggan.

Tidak hanya bisa menayangkan video secara waktu sebenarnyasiaran langsung di TikTok juga dilengkapi dengan berbagai fitur, antara lain:

  • T&J

Q&A merupakan fitur tanya jawab yang memungkinkan audiens untuk mengirimkan berbagai pertanyaan secara langsung kepada kamu selama streaming langsung.

  • Acara Langsung

Acara langsung merupakan fitur yang mendukung Anda membuat jadwal siaran langsung sehingga audiens dapat mengetahui kapan waktu yang Anda tentukan untuk melakukan streaming langsung.

  • Hadiah

Hadiah merupakan fitur yang dapat audiens manfaatkan untuk mengirimkan hadiah bernilai uang kepada pengguna TikTok yang melakukan siaran langsung. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk akun non bisnis dan akun pribadi dengan batas waktu tertentu yang telah ditetapkan dalam kebijakan TikTok.

  • Moderator

Moderator mendukung kamu untuk memilih akun pengguna TikTok yang tepercaya sebagai pemandu siaran langsung.

  • Filter Kata Kunci

Filter kata kunci berguna untuk menyaring kata-kata tertentu yang dianggap mengganggu proses streaming langsung. Jadi, tuan rumah siaran langsung bisa tetap fokus selama memandu acara.

Selanjutnya, ada 6 hal penting yang perlu diketahui terkait Siaran Langsung TikTok, yaitu :

  • Memberikan judul yang menarik di Hidup Anda
  • penambahan daftar produk ke Hidup Anda
  • Berikan promosi spesial saat melakukan Hidup di TikTok
  • Agar lebih efektif, lakukan promosi melalui fitur promosikan Hidup
  • lakukan struktur pada transkrip Siaran Langsung Anda

Mengetahui hal-hal penting yang ada di TikTok Siaran Langsungadapun strategy-strategi dari Merchant untuk Anda jika ingin menaikkan penjualan melalui TikTok Siaran Langsung 

  1. lakukan Siaran Langsung Secara Kontinyu

Umumnya, Siaran Langsung ini dilakukan minimal 3 kali dalam satu minggu dengan durasi minimal 2 jam setiap sesinya. Karena, dengan melakukan Hidup secara kontinyu, bisnis Anda akan melihat peningkatan dalam penjualan dan audiens. Jangan lupa untuk tetap memberikan penawaran promosi pada produk Anda yang akan ditampilkan secara Hidup. 

  1. Persiapan Maksimalkan Hidup

Anda juga dapat mempersiapkan operasional Hidup dengan cukup matang agar dapat Live secara maksimal. Tetapkan harga terendah selama Hidupdan juga perlu untuk meningkatkan pengetahuan tentang produk selamat Hidup. Runtutan sebelum Hidup juga perlu kamu persiapkan agar Hidup berjalan dengan baik, ya! Apa saja sih yang perlu disiapkan sebelum Hidup?

  • Penugasan Pribadi yaitu melakukan konfirmasi tuan rumahadmin, dan penjual harus berkomunikasi dengan baik pada tuan rumah mengenai produk yang akan dijual melalui Hidup 
  • SKU yaitu menampilkan Penjualan Flash SKU untuk mendorong lebih banyak hadirin
  • Studio pengaturan yaitu latar yang akan kamu gunakan untuk Hidup. Bisa dengan setting fisik dimana ini merupakan settingan nyata untuk hidup. Atau juga bisa dengan pengaturan virtual. Pengaturan virtual sangat di rekomendasikan untuk bisnis skala menengah.
  • Meningkatkan lalu lintas yaitu memuji Siaran langsung melalui pendek video penggoda
  1. Membangun Interaksi dengan Audiens

Strategi untuk meningkatkan omset penjualan dengan Siaran Langsung TikTok yang ketiga dengan membangun interaksi yang seru dengan mengadakan memberikanpromo, atau penjualan kilat selamat siaran langsung. Hal ini bertujuan menarik lebih banyak audiens agar bergabung dengan siaran langsung Anda di TikTok.

  1. Berkolaborasi dengan TikTok Influencer

Strategi untuk meningkatkan omzet penjualan dengan TikTok Siaran Langsung yang ke-empat yaitu dengan berkolaborasi dengan konten kreator terkenal atau yang memiliki keterikatan tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaring minat dari audiens baru serta membantu merek dalam meningkatkan interaksi dan keterikatan saat sedang melangsungkan streaming langsung. Oleh karena itu pastikan Anda memilih konten kreator yang memiliki keterikatan tinggi dan audiens yang relevan dengan merek. Strategi ini juga telah dibuktikan oleh brand jeans lokal yaitu Jiniso. Melalui program TikTok Belanja Hoki Sale yang digelar Januari 2022 lalu, Jiniso telah menggandeng pemberi pengaruh atau kreator konten Fuji An. Yang mana saat ini Fuji An menjadi kreator konten yang memiliki keterikatan sangat tinggi di TikTok. Dengan kolaborasi yang dilakukan bersama Fuji An, Jiniso mampu menjaring audiens dalam jumlah yang banyak bahkan sukses meningkatkan penjualan hingga 600 juta. Berdasarkan penuturan salah satu pendiri Jiniso yaitu Dian Fiona, jumlah produk Jiniso telah terjual habis dalam waktu kurang dari satu jam saat streaming langsung berlangsung.

  1. melakukan Review Produk dan Beda Nilai Produk Anda

Strategi untuk meningkatkan omzet penjualan dengan TikTok Siaran Langsung yang kelima yaitu dengan melakukan tinjauan dan menunjukkan kelebihan atau kegunaan produk selama streaming langsung berlangsung. Hal ini dinilai bahwa tinjauan produk menjadi satu konten yang cukup diminati oleh banyak audiens di TikTok. Dengan konten tinjauan, Anda dapat menunjukkan secara langsung bagaimana detail dari produk tersebut, bahkan Anda bisa menunjukkan bagaimana penggunaan dan kelebihan dari produk tersebut. Ketika Anda menyajikan konten tinjauan yang interaktif, dapat membuat audiens yakin untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Menurut laporan digital 2021 oleh Kami Sosial menjelaskan bahwa 98,5% pengguna internet menonton video. kecenderungan pengguna internet ini pun bisa kamu maksimalkan dengan mulai melakukan promosi dan menjual di streaming langsung. Adapun tips-tips melakukan streaming langsung TikTok oleh pakarnya yaitu @natasha_surya, yuk simak!

  1. Mengunggah Video Teaser H-1 Sebelum Hidup 

Menurut Kak Natasha Surya, hal ini dapat membuat audiens Anda penasaran dan menantikan jadwal streaming langsung yang akan Anda lakukan. Tak jarang dari mereka yang akan mencatat hari dan jam dimana Anda akan melakukan streaming langsung sebuah produk.

  1. Fokus Kualitas Isi Konten

Tak lain tak bukan adalah tinjauan produk. Menurut pengalaman Kak Natasha Surya, produk-produk yang di review akan masuk pada top 3 penjualan. Misalnya saat Kak Natasha melakukan tinjauan sebuah pengering rambutpenjualan pengering rambut langsung terjual 3.000 buah. Selama video tinjauan produk berlangsung, hal itu akan menjadi saat yang tepat untuk audiens memutuskan pembelian produk Anda.

  1. Perhatikan Isi Video

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat video Siaran Langsung adalah kelebihan dan kekurangan produk yang Anda jual, keunikan dari produk yang Anda jual, harga asli dan harga diskon yang harus disertakan, serta jujur ​​tanpa melebihkan akan menjadi nilai tambahan dalam video Siaran Langsung Anda. Jangan lupa, berikan kisi-kisi pada audiens mengenai acara Siaran Langsung Anda dan usahakan tidak mengeluarkan semua tinjauan produk agar audiens tetap penasaran. Dengan berhasil membuat tawaran yang menarik bagi pelanggan ditambah manfaat penggunaan metode penjualan yang satu ini, kamu bisa mendapatkan penjualan yang meningkat.

Apalagi, jika kamu konsisten dan menghadirkan sesuatu yang berbeda pada setiap sesi streaming langsung. Menurut Kak Natasha Surya, berjualan melalui TikTok Toko akan memberikan banyak potensi untuk bisnis Anda yaitu kemungkinan untuk disubsidi oleh TikTok. Dan mengutip dari TikTok @urrofi bahwa investasi ilmu sampai alat di dunia Petir adalah aspek yang sangat penting untuk membuat kualitas video TikTok Siaran Langsung Anda jauh lebih bagus. Maka dari itu, maksimalkanlah kreativitas kamu dalam menjual melalui TikTok Siaran Langsung!

Postingan Cara melakukan dan Menaikan Penjualan di TikTok Live muncul pertama kali di Merchant.id.



Source link

gusviradigital

gusviradigital

CV. Gusvira Digital Persada merupakan salah satu penyedia jasa layanan digital di Indonesia, dengan menawarkan berbagai kebutuhan untuk pemasaran produk

Related

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo-whatsappHubungi Kami
1
error: