Cara Membangun Personal Branding di TikTok

Published
On 04/01/2023
By gusviradigital


Mengapa Menjadi Influencer TIK tok?

Popularitas TikTok di kalangan Gen Z dan milenial telah digunakan salah satu platform yang efektif untuk memasarkan produk.Banyak orang berlomba untuk menjadi pemberi pengaruh dengan cara membangun merek pribadi di TikTok, dengan harapan dapat melakukan monetisasi melalui kerja sama dengan berbagai merek yang melakukan pemasaran di TikTok.

TikTok memiliki yahoo yang unik bagi para penggunanya, dengan memiliki laman bernama For Your Page (FYP). FYP merupakan laman yang berisi rekomendasi video berdasarkan minat dan interaksi pengguna. Dengan cara menjadikan FYP di TikTok, banyak akun pengguna yang menjadi pemberi pengaruh. Beberapa kreator TikTok yang memiliki jumlah pengikut terbesar di TikTok antara lain

  • Ria Ricis, dengan 27,1 juta pengikut
  • Cahyaniryn, dengan 18,2 juta pengikut
  • anggun, dengan 17,7 juta pengikut
  • Juyycomell, dengan 17,4 juta pengikut
  • Tidak, dengan 16,3 juta pengikut
  • SS, dengan 15,2 juta pengikut
  • Fuji, dengan 14,8 juta pengikut
  • Unaa, dengan 14,1 juta pengikut
  • Wahyukadeoo, dengan 13,7 juta pengikut
  • Moh Faruk, dengan 13,2 juta pengikut

Ada banyak faktor yang membuat pemberi pengaruh tersebut memiliki banyak pengikut. Seorang pemberi pengaruh bisa memilik satu atau beberapa faktor sekaligus. berikut jumlah faktornya;

  • Profesi

Beberapa influencer seperti Ria Ricis, telah lama dikenal sebagai seorang youtuber yang menjadi selebritis. Namanya mulai dikenal melalui tren video licin beberapa tahun lalu. Kepopulerannya pun bertahan ke media sosial lain yang dia miliki seperti Instagram dan TikTok. Nama lainnya seperti akun Notnot yang dimiliki oleh gadis bernama asli Lidiawati yang merupakan seorang streamer esports.

  • Sensasi

Faktor lainnya yang cukup berpengaruh adalah sensasi. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten video yang viral, mengikuti tren atau tantangan (tantangan) yang ada di TikTok, hingga isu seputar kehidupan pribadi. Beberapa akun TikTokers yang melambung karena faktor ini antara lain Sandy Saputra atau dikenal dengan ss, serta Fuji.

  • Merek Pribadi

Cara ini dicapai oleh pengguna yang mem-posting konten video dengan karakter khas yang membedakannya dengan pengguna lainnya. Dalam daftar 10 pemberi pengaruh TikTok dengan pengikut terbanyak, Anggun Supriadi menjadi salah satu yang konsisten konsisten dengan video mukbang makanan pedas. Contoh lainnya adalah Mohammad Faruk yang dikenal sebagai kreator konten video bergenre drama dengan ciri khas slow-motion pada video.

Membangun Merek Pribadi di TikTok

Selain daftar nama pemberi pengaruh di atas, ada beberapa akun pemberi pengaruh TikTok yang dikenal karena memiliki merek pribadi yang kuat. Mereka konsisten memproduksi konten dengan tema yang khas dalam jangka panjang. Tak jarang konten video yang diproduksi pun menjadi viral dan menyebarkan banyak orang. Berikut beberapa pemberi pengaruh TikTok dengan merek pribadi yang kuat:

  • Siscakhol, dengan 11,7 juta pengikut, memiliki merek pribadi masak dan mukbang dengan bahan makanan yang mewah,
  • Asahpolapikir, dengan 1,4 juta pengikut, dikenal memproduksi konten video mengenai realita bisnis,
  • Micol_26, dengan 1,2 juta pengikut, konsisten berbagi konten video mengenai tips tata cara meja,
  • Raymondchins, dengan 618,2 ribu pengikut, konsisten memproduksi konten video komentar terkait finansial dan memulai,

Dengan memiliki merek pribadi yang kuat, para pemberi pengaruh menciptakan karakter yang khas dan memiliki segmentasi pasar yang jelas. inilah yang mengundang para pemegang merek dengan segmentasi pasar yang sama, untuk bekerja sama dengan mereka guna meningkatkan kesadaran merek.

Merek pribadi sendiri memiliki banyak arti. menurut Pendiri & CEO Blossm Media Sosial Macy Troyer, merek pribadi sebagai perpaduan antara autentisitas dan profesionalisme yang dimiliki seseorang, serta bagaimana hal tersebut ditampilkan di media sosial. Terlepas dari apapun latar belakang Anda, merek pribadi pada itu adalah cara Anda mengkomunikasikan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, mengapa Anda melakukannya, dan bagaimana Anda melakukannya.

Di era media sosial saat ini, membangun merek pribadi secara online telah menjadi bagian dari pengembangan diri. Tak hanya bagi influencer, merek pribadi juga penting bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis dan meningkatkan skala bisnisnya.

Meskipun memiliki kata pribadi di dalamnya, namun sebenarnya prinsip-prinsip dasar merek pribadi juga bisa diterapkan dalam bisnis. Hal ini berlaku misalnya bila Anda mengelola akun TikTok brand perusahaan Anda. Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan personal branding di TikTok?

Natasha Ardiani, CoFounder dan COO Durianpay menyatakan bahwa merek pribadi bukan tagline atau wacana. Merek pribadi adalah identitas Anda, cara Anda menunjukkan karakter dan kualitas yang membedakan Anda dengan orang lain. Dalam melakukan merek pribadi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

  1. Kejelasan

Bila Anda ingin memulai melakukan merek pribadi di TikTok, sebaiknya Anda memulainya dari diri sendiri dulu. Untuk itu, Anda perlu memiliki kesadaran diri ataupun kesadaran yang tinggi mengenai jati diri Anda dan kepribadian Anda. Beberapa pertanyaan berikut mungkin dapat membantu;

  • Apa misi Anda?
  • apa gairah Anda?
  • Apa nilai yang Anda pegang dalam hidup?
  • Bagaimana Anda ingin dikenal publik?
  • Topik apa yang Anda suka dan kuasai?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu Anda mengerucutkan bagaimana Anda memproduksi konten untuk membentuk karakter merek pribadi Anda. Ambillah waktu untuk berkontemplasi memahami diri Anda sendiri.

2. Cerita

Setelah menentukan nilai-nilai merek pribadi yang ingin Anda bentuk, tahap selanjutnya adalah menentukan cerita. Bagaimana Anda ingin berkomunikasi dengan khalayak Anda? Hal ini juga berkaitan dengan poin pertama sebelumnya. Ingatlah bahwa tidak semua cerita Anda layak untuk diberitahukan kepada publik. lagu yang benar-benar mencerminkan merek pribadi Anda.

Dalam platform TikTok, ada berbagai jenis konten yang dapat Anda gunakan untuk bercerita. Anda bisa membuat parodi, wawancara, mengemasnya dalam bentuk sehari dalam hidupkuhingga jenis tantangan menari. Sekali lagi, pilihlah yang sesuai dengan nilai atau karakter yang ingin Anda tampilkan.

3. Menjadi Tulus dan Otentik

Meskipun dilakukan secara sengaja, sebaiknya Anda tetap jujur ​​dan autentik saat melakukan merek pribadi. pilihan topik yang memang Anda kuasai. Hal ini untuk mencegah adanya blunder atau misinformasi di kemudian hari.

Selain itu, lakukanlah hal yang Anda sukai dan kuasai. Membicarakan topik yang memang Anda kuasai akan membangunkan Anda. Dengan melakukan hal yang Anda sukai, khalayak akan lebih mudah untuk merasa terhubung dengan Anda.

3. Pahami Khalayak dan Channel Anda

Memahami khalayak dan saluran adalah langkah selanjutnya untuk membangun merek pribadi. Semakin relevan konten Anda dengan khalayak atau pengikut Anda, semakin besar kemungkinan interaksi yang tercipta, baik berupa suka, bagikan, atau komentar. inilah interaksi yang menjadi salah satu aset berharga Anda dalam mengukur efektivitas merek pribadi yang Anda lakukan.

Dalam konteks TikTok, sebagian besar demografi penggunanya adalah Generasi Z dan milenial. Gen Z adalah mereka yang lahir sejak 1995 hingga 2010. karakternya adalah penduduk asli digitalsangat menggemari media sosial, realistis, dan unik.

Sebagai platform berbagi video pendek dengan durasi 15-30 detik, tiga hingga lima detik pertama dalam video yang Anda bagikan sangat penting untuk menjadi kait dalam jangkauan pengikut Anda. Usahakanlah dalam detik-detik awal ini, video pendek Anda telah mencerminkan merek pribadi yang telah Anda tentukan.

Gunakan suara yang mendukung cerita Anda, serta gunakan gaya penyuntingan yang sesuai dengan cerita dan suara Anda. Anda bisa mencoba menunggangi ombak dengan mengikuti tren suara maupun filter yang sedang banyak digunakan oleh TikTokers. Hal ini akan membuat peluang video pendek Anda lebih besar untuk termuat dalam laman For Your Page (FYP) sehingga dapat menjangkau lebih banyak khalayak dan pengikut baru.

4. Konsisten

Merek pribadi usaha yang terbentuk dalam bangun. Bila diandaikan, merek pribadi layaknya lari maraton yang membutuhkan jangka panjang dan konsistensi. Dengan mem-posting konten video yang konsisten, Anda juga menjaga ekspektasi para pengikut Anda. Para pengikut TikTok Sisca Kohl sudah dapat membayangkan akan melihat makanan mewah setiap kali Sisca Kohl memposting video barunya.

5. Integrasi dari Diri Anda

Agar Anda sebagai pencipta konten dilihat positif di mata masyarakat, maka Anda harus mematuhi moral yang berlaku di masyarakat serta perilaku positif selaras dengan pribadi. Selain keontentikan, dalam melakukan merek pribadi, Anda juga harus memperhatikan Kriteria lainnya yaitu integritas. Menurut pengamat sosial, Rampersad menyatakan integritas adalah kode moral yang merupakan penerapan perilaku kepada khalayaknya. Penerapan tersebut juga untuk dapat dipandang positif oleh masyarakat,lho. Sebagai contoh Ria Ricis sebagai influencer menerapkan perilaku positif kepada audiens dengan cara berinteraksi dengan pengikut seperti halnya sahabat sendiri.

6. Spesialisasi Potensi Diri

Untuk membangun merek pribadiyang autentik diperlukan adanya spesialisasi atau bakat yang ditonjolkan oleh pelaku merek pribadi. Menurut Rampersad, spesialisasi merupakan satu bidang bakat atau keterampilan. Salah satu contohnya adalah pemberi pengaruh TikTok di bidang mode yaitu @dillaprb sengaja tonjolkan dan diperlihatkan kepada audiensnya yaitu mengenai tutorial menjahit dan beberapa mengenai moden. Dengan adanya spesialisasi, pemberi pengaruh Dilla ini telah dikenal oleh audiens sebagai seorang pencipta konten Tik Tok dalam bidang mode.

7. Kinerja Dalam Membangunnya

Kinerja merupakan elemen paling penting setelah merek seseorang dikenal. Bila seseorang tidak melakukan atau memperbaiki diri secara terus menerus, merek pribadihanya menjadi sesuatu yang istimewa. Pastinya hal ini berkaitan erat dengan aspek integritas dan konsistensi dalam membuat konten di TikTok.

Bila Anda telah menentukan merek pribadi,hindari mem-posting konten yang tidak relevan dengan tema yang Anda tetapkan. Hal ini akan membuat bingung pengikut Anda dan yahoo media sosial. Bila perlu, Anda dapat membuat dua akun berbeda untuk kepentingan yang berbeda sesuai tujuan Anda.

Postingan Cara Membangun Personal Branding di TikTok muncul pertama kali di Merchant.id.



Source link

gusviradigital

gusviradigital

CV. Gusvira Digital Persada merupakan salah satu penyedia jasa layanan digital di Indonesia, dengan menawarkan berbagai kebutuhan untuk pemasaran produk

Related

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo-whatsappHubungi Kami
1
error: