Apakah Anda mengelola situs web bisnis lokal yang memiliki banyak lokasi fisik?
Dalam hal ini, Anda perlu menambahkan markup skema bisnis lokal untuk beberapa lokasi di situs Anda, sehingga Google dan mesin telusur lainnya dapat menampilkan informasi terperinci tentang berbagai lokasi bisnis Anda.
Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan markup skema bisnis lokal dengan benar untuk beberapa lokasi di WordPress untuk meningkatkan SEO Anda.
Jika Anda memiliki beberapa lokasi bisnis seperti gerai ritel, restoran, atau kantor regional, maka Anda dapat menampilkannya di hasil pencarian Google dan Bing melalui markup skema.
Misalnya, jika Anda menelusuri lokasi McDonald’s di Florida, Google akan menampilkan cuplikan unggulan dengan berbagai tujuan dan peta dengan lokasi yang disematkan.
Karena itu, mari kita lihat bagaimana Anda dapat membuat skema bisnis lokal untuk beberapa lokasi bisnis di WordPress.
AIOSEO menghilangkan kebutuhan akan pengetahuan teknis atau mempekerjakan seorang ahli untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari Anda.
Setelah aktivasi, Anda akan melihat wizard pengaturan. Silakan dan klik tombol ‘Let’s Get Started’.
Selanjutnya, Anda harus menuju ke All in One SEO »Local SEO dari dashboard WordPress Anda dan klik tombol ‘Activate Local SEO’.
Setelah addon SEO Lokal aktif, Anda akan melihat Pengaturan Lokasi yang berbeda.
Silakan dan klik sakelar ‘Beberapa Lokasi’ untuk mengaktifkan opsi. Ini akan menambahkan menu baru di panel admin WordPress Anda yang disebut Lokasi.
Setelah itu, Anda dapat menggulir ke bawah ke bagian ‘Pengaturan Lanjutan’.
Di sini Anda dapat melihat tautan permanen yang akan digunakan AIOSEO untuk menunjukkan beberapa lokasi bisnis dan kategori lokasi Anda. Jika Anda ingin menggunakan tautan khusus, cukup centang kotak ‘Gunakan siput khusus’ dan masukkan struktur url tautan permanen Anda.
Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Simpan Perubahan’.
Selanjutnya, Anda dapat membuka tab ‘Jam Buka’ dan mengonfigurasi waktu untuk bisnis lokal Anda.
Secara default, opsi ‘Tampilkan Jam Buka’ akan disetel ke Ya. Jika Anda tidak ingin menampilkan jam buka, cukup klik sakelar ke Tidak.
Setelah itu, Anda dapat menggulir ke bawah dan mengubah label kapan bisnis Anda buka atau tutup.
Ada juga opsi untuk mengubah waktu buka dan tutup untuk hari-hari tertentu atau mengaturnya agar buka 24/7.
Catatan: Jam buka akan digunakan di semua lokasi yang Anda tambahkan di WordPress. Namun, Anda dapat menonaktifkannya untuk lokasi tertentu di editor konten.
Selanjutnya, Anda harus menambahkan beberapa lokasi bisnis Anda di WordPress.
Saat Anda mengaktifkan opsi Beberapa Lokasi di AIOSEO, opsi ‘Lokasi’ baru akan muncul di panel admin WordPress Anda.
Untuk menambahkan lokasi bisnis lokal Anda, cukup buka Lokasi »Tambah Baru dari dasbor WordPress Anda.
Di bawah judul, Anda dapat menambahkan lebih banyak detail atau deskripsi tentang lokasi Anda. Anda juga dapat membuat kategori lokasi dari panel pengaturan di sebelah kanan Anda.
Setelah itu, cukup gulir ke bawah ke metabox AIOSEO Local Business.
Selanjutnya, Anda dapat beralih ke tab ‘Jam Buka’ di bawah metabox AIOSEO Bisnis Lokal.
AIOSEO akan menggunakan pengaturan default secara otomatis. Namun, Anda dapat menonaktifkan opsi ‘Gunakan Default’ dan kemudian mengonfigurasi jam buka dan tutup untuk bisnis lokal Anda.
Selanjutnya, Anda dapat membuka tab ‘Peta’ dan mengonfigurasi bagaimana bisnis lokal Anda akan muncul di Google Maps.
Misalnya, Anda dapat mengubah gaya peta dan mengunggah penanda khusus untuk menyematkan lokasi Anda di peta.
Setelah selesai, lanjutkan dan publikasikan halaman lokasi Anda.
Sekarang Anda cukup mengulangi proses ini untuk lokasi lain yang ingin Anda tambahkan ke situs WordPress Anda.