Email Marketing: Pengertian, Strategi, serta Tipsnya


Email marketing bisa Anda jalankan untuk kebutuhan pemasaran dengan biaya relatif kecil. Walaupun banyak orang yang menganggap bahwa email sudah ketinggalan jaman. Namun, siapa sangka, keberhasilan marketing lewat email 40% lebih baik, dibandingkan media sosial.

Untuk mencapai keberhasilan marketing via email, maka Anda harus mengetahui informasinya terlebih dahulu.

Pengertian Email Marketing Secara Singkat

Pengertian Email Marketing Secara Singkat
Pengertian Email Marketing Secara Singkat

Email marketing merupakan salah satu bentuk penawaran produk kepada calon konsumen melalui media email. Promosi menggunakan email ini, menjadi salah satu upaya yang masih bisa dilakukan pada tren digital marketing dan masih relevan hingga sekarang.

Kelebihan Email Marketing

Kelebihan Email Marketing
Kelebihan Email Marketing

Email marketing memiliki banyak kelebihan dalam membantu mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. Beberapa kelebihan dari email marketing, diantaranya:

  • Cukup dengan biaya kecil, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal.
  • Jangkauan email sangat luas. Bahkan, pada tahun 2023 nanti, diprediksi pengguna email akan mencapai angka 4,3 miliar di seluruh dunia.
  • Disukai oleh calon konsumen karena memiliki kesan profesional.
  • Tingkatan promosinya lebih efektif, dibandingkan media sosial.
  • Mampu berkomunikasi secara personal.
  • Mampu menjangkau konsumen dengan mudah melalui berbagai macam perangkat berbeda.

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihan email marketing, saatnya Anda masuk ke tahap bagaimana cara melakukan pemasaran melalui email marketing? Simak ulasannya berikut ini.

5+ Strategi Email Marketing Terbaik Bisa Anda Lakukan

5+ Strategi Email Marketing Terbaik Bisa Anda Lakukan
5+ Strategi Email Marketing Terbaik Bisa Anda Lakukan

Apabila ingin memasarkan produk lebih optimal melalui email marketing, maka Anda bisa mengikuti beberapa strategi email marketing berikut.

1. Manfaatkan Plugin Email Marketing

Bagi Anda yang menggunakan website WordPress, maka bisa menggunakan plugin email agar pemasaran lebih mudah dan cepat.

Jika sudah terinstall, plugin email marketing mampu membantu Anda dalam membuat suatu campaign, agar bisa mendapatkan leads dengan tepat.

Banyak plugin yang bisa Anda pilih, salah satunya Sumo. Plugin ini sudah digunakan hampir 800 ribu website yang ada di dunia. Sebab, plugin Sumo memiliki fitur unggulan berupa list builder dengan beragam variasi form.

2. Kirimkan Email Blast

Email blast merupakan suatu kegiatan mengirim email ke banyak orang sekaligus. Di dalam strategi email marketing, email blast biasanya digunakan agar mampu menjangkau para calon konsumen dengan kecepatan luar biasa secara masif.

Anda dapat melakukan hal ini secara otomatis menggunakan berbagai platform. Biasanya, platform yang umum digunakan untuk mengirim email blast diantaranya MailChimp serta Zoho Campaign. Pastikan bahwa platform yang Anda pilih sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Platform MailChimp

Antara banyaknya platform email marketing, Mailchimp menjadi salah satu platform terbaik. Apalagi, Anda bisa menggunakannya secara gratis dengan berbagai fitur tanpa batas.

Dalam Mailchimp, Anda akan mudah melakukan pemasaran melalui berbagai fitur menarik, seperti pengiriman email otomatis, berbagai pilihan campaign sesuai bisnis, serta integrasi bersama tools lainnya.

Agar bisa menggunakan Mailchimp, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Kemudian, mengikuti setiap petunjuk atau panduan yang diberikannya.

4. Lakukan Email List Building

Email List Building sangat perlu Anda bangun agar mampu mengetahui siapa saja orang yang tertarik dengan produk Anda. Sehingga, Anda bisa mengirimkan konten promosi kepada mereka dengan mudah dan tepat sasaran.

Untuk proses pembangunan email list, Anda memerlukan strategi yang tepat. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah giveaway produk, maupun membuat landing page secara khusus.

5. Tingkatkan Open Rate Email

Jika Anda menyebar email promosi, namun tidak dibuka satupun oleh para target, tentu hal ini akan menjadi sia-sia saja, bukan?

Dalam hal ini, Anda perlu tahu bagaimana cara meningkatkan open rate email. Tujuannya tentu saja untuk click-through rate, serta conversion rate agar bisa lebih meningkat.

6. Rancang Newsletter yang Memiliki Nilai Jual

Newsletter merupakan suatu promosi yang dilakukan melalui email dengan berfokus kepada informasi produk. Pendekatan promosi yang dilakukan oleh Newsletter begitu elegan. Yaitu dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu menggunakan tulisan atau artikel yang mana mendorong target audiens untuk lebih tertarik dan bisa berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis. Sehingga pada akhirnya audience menjadi lebih aware dengan bisnis atau produk yang kita tawarkan.

Jadi, cara ini tidak bersifat memaksa para target untuk segera membeli produk yang ditawarkan. Namun, Newsletter sudah dilengkapi dengan tombol CTA yang mampu membawa konsumen kepada landing page tertentu.

Selain itu, Newsletter disampaikan dengan kata-kata simpel, sehingga membuat kemungkinan besar konsumen yang menerimanya tertarik untuk membaca.

Tips Email Marketing Terbaik Untuk Anda

Jika sudah mempelajari terkait strategi, saatnya Anda mengetahui tips email marketing yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

Mulai Buat Judul Email yang Bisa Tampil di Seluruh Perangkat Mobile

Dalam pembuatan judul, Anda mesti memperhatikannya agar bisa memberi kesan mobile friendly. Maksudnya, judul yang Anda buat mesti menarik dan bisa tampil di seluruh perangkat ponsel maupun tablet.

Hal ini dikarenakan hampir 47% pengguna email hanya membuka tampilan judul email yang terlihat menarik. Tanpa judul menarik, mereka enggan membuka pesan mail dan memilih untuk mengabaikannya saja.

Di sisi lain, lebih dari 50% pengguna email lebih sering membuka email melalui ponsel atau tablet. Sebab, ini lebih praktis karena tidak perlu membuka laptop hanya sekadar membuka pesan saja.

Jika disimpulkan, penggunaan judul yang menarik dan bisa tampil di seluruh perangkat mobile memang penting dilakukan. Apabila Anda membuat judul terlalu panjang dengan isi yang tidak terlalu menarik, maka calon konsumen tidak akan membukanya dan mengabaikan pesan promosi produk dari Anda.

Sebagai tips, Anda bisa membuat judul untuk email sekitar 10 kata saja. Sehingga, akan terlihat baik dan menarik di tampilan ponsel maupun tablet.

Menggunakan Double Open Strategy

Jika email marketing Anda gagal pada percobaan pertama, tidak perlu khawatir karena masih banyak cara untuk bisa mensukseskannya. Kini, Anda bisa coba gunakan double open strategy, lho.

Double open strategy ini merupakan suatu upaya untuk mengirim kembali email yang sama, namun Anda bisa menggunakan judul berbeda.

Mungkin Anda masih belum yakin. Tetapi, sebuah riset menyatakan bahwa tips ini bisa meningkatkan open rate hingga 30%. Dengan begitu, perhatian target audiens bisa Anda dapatkan, tanpa mengubah keseluruhan strategi yang dimiliki.

Menuliskan Nama Anda Sebagai Pengirim

Bukan hanya judul, nama pengirim akan ikut serta menentukan keberhasilan sebuah email marketing. Hampir 42% audiens selalu memastikan nama pengirim sebelum akhirnya membuka email tersebut.

Tentu saja hal ini bisa dipahami, sebab saat Anda menjadi audiens, tentu Anda tidak ingin membuka email yang mencurigakan, bukan?

Inilah kenapa Anda perlu mencantumkan nama sebagai pengirim email penawaran. Bahkan, lebih baik lagi jika pengiriman email ini dilengkapi dengan foto profesional.

Disisi lain, audiens akan merasa lebih tenang dan nyaman saat mereka mendapatkan email dari manusia, ketimbang mesin atau sistem. Nah, tips ini bisa Anda gunakan untuk membangun engagement menjadi lebih baik melalui email marketing tersebut.

Mulai Lakukan Personalisasi

Seperti halnya Anda mencantumkan nama di pengirim email, maka Anda bisa menyapa audiens dengan masing-masing nama mereka. Personalisasi yang Anda lakukan ini bukan hanya membangun kedekatan dengan para audiens, namun menunjukan profesionalisme dari bisnis sendiri.

Tak hanya nama, promosi dalam personalisasi pun harus sesuai dengan target audiens Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan segmentasi terhadap calon konsumen melalui email list.

Dengan begitu, Anda akan merasakan manfaat dari personalisasi, salah satunya mampu meningkatkan open rate email marketing.

Bahkan menurut data statistika, email marketing yang menggunakan personalisasi dapat lebih tinggi 5% ketimbang yang tidak menggunakan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan conversion rate atau tingkat pembelian yang bisa naik hingga 6 kali lipat berkat adanya personalisasi yang dilakukan.

Buat Email yang Singkat, Padat, dan Jelas

Tips email marketing yang baik berikutnya adalah Anda mampu memberikan informasi yang jelas, padat, singkat, dan cepat.

Hal ini dikarenakan sebagian besar audiens hanya menggunakan waktu 51 detiknya untuk membaca isi dari email promosi. Jadi, kalau kamu mengirimkan email singkat dan jelas, maka sebagian atau seluruh isi informasi dapat tersampaikan kepada mereka dengan baik.

Lalu, bisa saja audiens membaca email promosi dari Anda melalui perangkat mobile. Sehingga, audiens hanya membaca isi email secara sekilas saja, yang berarti kalau informasinya tidak padat, maka audiens tidak membaca keseluruhan isi email.

Biar informasi yang Anda kirimkan mampu terbaca semua, maka Anda bisa menggunakan bullet points. Jadi, informasi yang dikirimkan akan tampak lengkap dan skimmable atau mudah dibaca.

Usahakan Untuk  Menggunakan Kalimat Magic yang Tepat

Kalimat magic atau magic words merupakan beberapa daftar kata yang mampu mempengaruhi para audiens tertarget. Kata-kata ini memiliki tujuan untuk dapat membangun trust melalui penjelasan serta mengajak para audiens untuk membeli produk bisnis Anda.

Ada banyak sekali kalimat magic yang bisa Anda gunakan. Namun, pastikan pilihan kata yang Anda pilih sesuai dengan jenis bisnis Anda sendiri.

Beberapa kalimat magic paling populer diantaranya:

1. Gratis

Kata magic ini bisa Anda gunakan untuk menawarkan produk dengan gratis tertentu. selain itu, Anda bisa menawarkan gratis layanan, seperti gratis ongkir sampai batas waktu tertentu.

2. Terbatas

Kata ini bisa Anda gunakan untuk membeli kesan urgency, sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

3. Mudah

Kata ini sangat cocok untuk Anda gunakan saat menawarkan barang yang membutuhkan konsumen dalam pemasangan serta penggunaannya, seperti software maupun alat kebersihan.

4. Diskon

Potongan harga alias diskon memang suatu kata yang mampu menarik konsumen dengan mudah. Namun, Anda perlu memperhatikan pendapatan yang akan dimiliki sebelum menggunakan kata ini, ya.

5. Garansi

Perlu Anda ketahui, kata garansi sangat penting Anda gunakan untuk membangun kepercayaan para calon konsumen. Garansi yang diberikan pun bermacam-macam, seperti garansi penggantian barang, service, hingga garansi dalam bentuk uang kembali.

Buat CTA (Call to Action) Sesuai Penawaran

Sebenarnya, email marketing memiliki tujuan untuk mengarahkan para audiens tertarget ke landing page bisnis Anda. Salah satu cara untuk mencapai tujuan itu adalah menggunakan CTA alias Call to Action. Nah, CTA ini bisa dilakukan dengan cara membuat beberapa kalimat yang terdiri dari kata-kata singkat berisikan ajakan kepada para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan CTA, disarankan untuk tidak sebatas menggunakan CTA template “beli sekarang” maupun “dapatkan sekarang” saja. Namun, sesuaikan dengan kalimat yang sudah Anda cantumkan sebelumnya.

Misalnya, Anda menawarkan beragam promosi kepada calon konsumen. Disini, calon konsumen bisa memilih beberapa promosi yang mereka inginkan. Maka, CTA yang lebih pas untuk hal ini adalah CTA berupa kata “Pilih Promo Anda” atau apapun yang berhubungan dengan kalimat sebelumnya.

Menyesuaikan dengan Landing Page Anda

Jika landing page yang Anda miliki tidak sesuai dengan informasi tercantum di isi email, maka bisa saja para audiens menganggap Anda sebagai tipu-tipu belaka.

Biar hal ini tidak terjadi, pastikan informasi, desain, dan penawaran yang terdapat pada email berhubungan atau sesuai dengan landing page tujuan.

Bukan hanya itu, pastikan landing page ini mampu memudahkan para calon konsumen untuk melakukan transaksi secara langsung.

Misalnya, Anda mengirimkan email tentang penawaran harga diskon, maka landing page yang mampu mengarahkan konsumen ke website pun harus berisi halaman terkait penawaran harga diskon tersebut.

Mulai Buat Desain Email Marketing yang Menarik

Informasi email yang dikirimkan memang sangat penting. Namun, desain yang digunakan pun berperan penting untuk kesuksesan email marketing tersebut.

Dalam hal ini, desain memiliki beberapa fungsi utama, yaitu desain yang dibuat dengan unik, kreatif, dan menarik akan membuat strategi marketing Anda menjadi lebih stand out.

Tak hanya itu, desain yang Anda buat bisa menjadi sarana dalam proses pembangunan bisnis, baik itu dari sarana maupun tipografi yang digunakan.

Jangan lupa, desain email pun harus tampak baik saat diakses melalui layar komputer maupun ponsel.

Memilih Waktu Pengiriman dengan Tepat

Kunci keberhasilan email marketing salah satunya didapat dari timing atau waktu yang tepat. Maksudnya, Anda tidak bisa mengirimkan email kepada para audiens dengan waktu yang belum ditentukan sebelumnya.

Jika Anda akan mengirimkan email promosi terkait kegiatan event, maka bisa mengirimkan email dalam waktu 5 hari sebelum acara dilaksanakan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi karena setiap audiens biasanya tidak langsung membuka email tersebut.

Namun, sebuah riset mengungkapkan bahwa hari terbaik untuk mengirim blast email yaitu terjadi pada hari Selasa. Kalau Anda perlu melakukannya dua kali dalam seminggu, maka bisa gunakan hari Kamis untuk pengiriman berikutnya.

Biar email Anda memiliki open rate cukup tinggi, lakukan pengiriman email ini setiap pukul 10.00 pagi. Di jam ini, banyak orang sedang beraktivitas di kantor atau tempat bekerjanya masing-masing. Sehingga, mereka dapat melihat email dengan cukup mudah.

Anda Dapat Menggunakan Teknik Split Testing

Jika Anda tidak melakukan pengujian, maka Anda tidak akan mengetahui email mana yang telah berhasil dilakukan. Dengan teknik split testing, Anda bisa menguji email marketing agar bisa mendapatkan hasil terbaik nantinya.

Disini, Anda bisa menyediakan beberapa rancangan judul, konten, beserta CTA sampai desain email yang akan digunakan. Namun, hal ini ternyata bisa dilakukan dalam beberapa waktu, lho.

Jadi, Anda bisa membuat rencana di waktu berbeda untuk setiap pengujian email marketing, hingga mendapatkan formula terbaik yang diinginkan.

Cara paling mudah untuk melakukan teknik split testing tentu saja dengan menggunakan platform email marketing, diantaranya SendIn Blue, OptinMonster, dan Sumo.

Cara Terbaik Untuk Menghindari Email Marketing Masuk Spam

Ketika melakukan email marketing, pastikan email yang dikirimkan tidak masuk ke dalam spam email. Sehingga, ada beberapa cara yang mesti Anda lakukan agar terhindar dari masuknya email marketing ke dalam spam yaitu:

  • Pastikan bahwa email masuk ke dalam whitelist dan yakini pelanggan agar tidak memasukkan email bisnismu ke dalam spam.
  • Jangan menggunakan kata-kata yang mudah masuk ke dalam spam, seperti kata “Klik di bawah ini”.
  • Anda harus menggunakan email service dari provider terpercaya agar mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Itulah informasi mengenai email marketing yang perlu Anda ketahui. Jika sudah membacanya sampai akhir, berarti sudah siap dan mulai menggunakan email marketing ini untuk kelancaran bisnis yang Anda miliki.

Jika anda menyukai artikel di atas merchant.id menyediakan artikel-artikel seputar dunia digital marketing. Lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi merchant.id/blog.

The post Email Marketing: Pengertian, Strategi, serta Tipsnya appeared first on Merchant.id.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

logo-whatsapp
1
error: