Periklanan adalah langkah penting dalam setiap proses pemasaran. Dengan memamerkan produk, layanan, dan bisnis Anda, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan keuntungan Anda. Untuk periklanan yang efektif, Anda harus memiliki rencana yang mempertimbangkan pelanggan, sasaran, dan garis waktu Anda.
Jadi, bagaimana Anda membuat rencana periklanan?
Posting ini akan mencakup segala hal tentang rencana periklanan, mulai dari apa itu hingga cara membuatnya sendiri. Baca terus untuk mengetahui langkah dan saran rencana periklanan kami, dan hubungi 888-601-5359 untuk berbicara dengan ahli strategi!
Jangan lewatkan email Marketing Manager Insider kami!
Bergabung 200.000 pemasar cerdas dan dapatkan berita dan wawasan pemasaran terpanas bulan ini yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda!
Masukkan email Anda di bawah ini:
(Jangan khawatir, kami tidak akan pernah membagikan informasi Anda!)
Apa itu rencana periklanan?
Rencana periklanan memandu strategi periklanan Anda, yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk dan layanan Anda kepada pelanggan. Rencana ini bisa menjadi panduan bulanan atau tahunan tentang bagaimana perusahaan Anda berencana menggunakan dana iklan secara efisien.
Berikut adalah langkah-langkah rencana periklanan utama:
- Anda mengembangkan rencana.
- Tim pemasaran atau periklanan memberlakukan rencana tersebut.
- Anda mengukur hasil.
- Anda meninjau dan menyesuaikan rencana.
Melalui perencanaan periklanan Anda, Anda akan menguraikan ide-ide yang nantinya akan diubah oleh tim Anda menjadi kampanye individu. Satu rencana periklanan akan memiliki beberapa kampanye, yang mengarah ke sasaran perusahaan Anda.
Manfaat dari rencana periklanan
Rencana periklanan lebih dari sekadar rekomendasi — ini adalah cetak biru yang diperlukan untuk bisnis apa pun. Saat Anda menerapkan garis besar rencana periklanan, Anda dapat menikmati manfaat berikut:
- Peningkatan kesadaran: Semakin banyak orang yang menemukan iklan Anda, mereka akan lebih mengetahui produk dan layanan Anda bila diperlukan.
- Posisi pasar yang lebih baik: Bergantung pada iklan dan sasaran Anda, Anda dapat memisahkan diri dari pesaing dan meningkatkan posisi pasar Anda.
- Penargetan audiens yang disempurnakan: Saat Anda mengetahui iklan mana yang akan dipublikasikan, Anda dapat melakukan lebih banyak penelitian tentang audiens Anda, termasuk preferensi dan demografi mereka.
- Peningkatan penganggaran: Dengan rencana periklanan yang solid, Anda dapat membelanjakan anggaran iklan untuk kampanye yang mendorong hasil.
Bagaimana Anda membuat rencana periklanan?
Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat rencana periklanan Anda. Pembuat strategi gratis kami dapat membantu Anda menguraikan beberapa aspek di bawah ini!
1. Buat garis besar tujuan Anda
Sebelum Anda mulai membuat iklan, Anda perlu menetapkan tujuan Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Produk atau layanan apa yang ingin saya soroti?
- Apa saja fitur dan manfaat dari produk ini?
- Apakah ada aspek waktu terbatas yang perlu dipertimbangkan? (yaitu, promo liburan)
- Kapan saya ingin iklan ini ditayangkan?
Pastikan tujuan Anda spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu (SMART). Misalnya, Anda memiliki produk baru yang akan diluncurkan pada awal tahun. Tujuan Anda bisa seperti ini:
- Pada K2, iklan untuk produk kami ini akan menghasilkan 100 permintaan harga.
Sasaran SMART akan membantu Anda menetapkan sasaran yang paling sesuai untuk kampanye Anda.
2. Tetapkan anggaran Anda
Setelah Anda menetapkan tujuan, Anda dapat menguraikan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan. Bisnis kecil hingga menengah (UKM) dapat mengharapkan untuk membayar $2500 hingga $12,000 per bulan atau $1000 hingga $7500 per proyek.
Harga akan tergantung pada faktor-faktor seperti:
- Saluran tempat Anda beriklan
- Jenis iklan
- Kemampuan internal Anda
Artikel ini merinci biaya rata-rata metode periklanan online dan fitur masing-masing. Setelah Anda menentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, Anda dapat mulai berbelanja untuk pendekatan yang berbeda.
3. Tentukan audiens target Anda
Untuk meningkatkan keefektifan iklan, Anda ingin memastikannya menjangkau orang yang tepat. Alih-alih menggunakan pendekatan menyeluruh, tentukan orang-orang yang menggunakan produk Anda dan bagaimana Anda dapat menempatkan iklan di depan mereka.
Buat garis besar audiens target Anda untuk menentukan orang seperti apa yang paling diuntungkan dari produk Anda. Pertimbangkan demografi berikut:
- Rentang usia
- Lokasi
- Penghasilan
Jika Anda sudah mengetahui audiens target Anda, Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik dan memberikan iklan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
4. Pilih saluran Anda
Anda dapat memilih saluran berdasarkan pemirsa, anggaran, dan tujuan Anda.
Misalnya, audiens target Anda adalah dewasa muda berusia 18 hingga 24 tahun. Kemungkinan besar Anda akan menjangkau mereka melalui saluran sosial seperti TikTok atau Instagram, sehingga Anda dapat mulai membuat iklan berbayar atau gratis untuk layanan tersebut.
Jika Anda memiliki audiens yang luas dan ingin meningkatkan lalu lintas situs web, Anda dapat berinvestasi dalam iklan bayar per klik (PPC). Iklan ini memungkinkan Anda tampil lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP), dan Anda hanya membayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda.
Di sini, hasil teratas dengan tag “sponsor” adalah iklan berbayar, sedangkan hasil berikutnya adalah yang Google tentukan sebagai yang paling cocok:
Pastikan untuk melihat di mana pesaing Anda dan apa yang populer di industri Anda. Jika Anda ingin menonjol, Anda perlu hadir di tempat pesaing Anda berada.
5. Kembangkan dan publikasikan iklan Anda
Setelah Anda memiliki rencana, tim pemasaran dan desain Anda dapat mulai membuat iklan!
Iklan Anda akan terlihat berbeda berdasarkan saluran, tetapi semuanya harus memiliki branding dan desain yang konsisten untuk menciptakan tampilan yang kohesif.
Berikut adalah contoh iklan Facebook:
Buat garis waktu kapan Anda ingin iklan Anda berjalan. Langkah ini juga akan membantu Anda melacak iklan apa yang ada dan menyesuaikan jadwal untuk membuat kampanye berikutnya.
6. Lacak metrik
Lihat situs dan metrik penjualan Anda sebelum Anda menerbitkan iklan untuk menetapkan garis dasar. Setelah Anda memposting iklan Anda, pastikan untuk melacak kinerjanya. Perhatikan key performance metrics (KPI) seperti:
- Tingkat konversi: Berapa banyak orang yang mengklik iklan Anda dan menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan.
- Rasio pentalan: Berapa banyak orang yang mengklik iklan Anda dan kemudian pergi tanpa berkonversi.
- Pengembalian investasi: Performa keuangan dari upaya periklanan Anda.
- Lalu lintas: Jumlah orang yang mengunjungi situs atau profil Anda dari iklan Anda.
Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk melacak iklan Anda:
7. Evaluasi hasilnya
Setelah melacak metrik iklan Anda, Anda dapat menentukan seberapa efektif dibandingkan dengan rencana awal Anda. Apakah penjualan Anda meningkat? Iklan apa yang paling efektif? Berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di situs Anda?
Sekarang adalah waktunya untuk mengeluarkan angka patokan Anda dan melihat bagaimana hasilnya dibandingkan. Anda juga dapat mencoba mensurvei bagaimana orang menemukan iklan Anda dan pendapat mereka tentang iklan tersebut. Jika Anda memiliki dua versi berbeda yang Anda jalankan secara bersamaan, Anda dapat mencoba pengujian A/B untuk melihat mana yang terbaik.
8. Sesuaikan untuk kampanye mendatang
Setelah kampanye iklan Anda, Anda dapat melanjutkan ke kampanye berikutnya dan menerapkan setiap perubahan yang Anda pelajari. Periklanan adalah proses yang berkelanjutan, tetapi melacak metrik Anda dan bekerja dengan audiens Anda akan membantu Anda melihat keuntungan terbesar.
Jika Anda memerlukan bantuan untuk menganalisis hasil Anda atau menyusun rencana Anda, bekerja sama dengan agensi bisa menjadi pilihan terbaik.
Kampanye pemasaran digital kami memengaruhi metrik yang meningkat garis bawah Anda.
Lihat Hasil Lainnya
WebFX telah mendorong hasil berikut untuk klien:
$3 miliar
Dalam pendapatan klien
7,8 juta
Prospek untuk klien kami
5,2 juta
Panggilan telepon klien
Dapatkan bantuan profesional untuk rencana iklan Anda
Setelah Anda memahami langkah-langkah rencana periklanan dasar, saatnya mencari mitra untuk membantu.
WebFX adalah agen pemasaran digital profesional yang melayani bisnis lintas industri. Dengan layanan iklan berbayar kami, kami dapat membantu Anda membuat iklan di platform yang digunakan pelanggan Anda. Kami akan membantu Anda menjangkau pelanggan dan meningkatkan keuntungan Anda.
Dalam lima tahun terakhir, kami telah menghasilkan pendapatan sebesar $3 miliar untuk klien kami — bayangkan apa yang dapat kami lakukan untuk Anda. Lihat studi kasus kami untuk melihat apa yang telah kami lakukan dan hubungi kami secara online untuk informasi lebih lanjut!