Simak Roadmap

Simak Roadmap, Sebagai Fitur Perencanaan Produk Bisnis Anda

Saat bisnis menjadi dewasa, persyaratannya untuk terus menghadirkan produk atau layanan yang kompetitif akan tumbuh dan berkembang juga. Latar belakang dari dibuatnya Roadmap adalah salah satu alasan dari personel hingga manajemen alur kerja hingga investasi modal hingga teknologi baru dan seterusnya, bisnis yang sukses dan berkelanjutan harus beradaptasi saat industri mereka berubah dan kebutuhan pelanggan dan klien mereka berubah. 

Perusahaan yang paling berhasil melalui perubahan ini adalah perusahaan yang memperkirakan evolusi industri mereka dan membuat rencana yang matang sesuai dengan itu. Merencanakan perubahan ini bisa menjadi tantangan—tetapi dengan data yang tepat, penelitian, dan yang paling penting, Roadmap yang jelas, perusahaan tidak hanya dapat bertahan dari penurunan tetapi juga berkembang melaluinya.

Mungkin tidak ada bidang bisnis yang perlu diperbarui dan diproyeksikan lebih akurat daripada penggunaan dan penerapan teknologi yang tersedia. Dengan meningkatkan proses kerja, memberikan data yang lebih akurat dan berguna, dan secara umum meningkatkan kemampuan, kemajuan teknologi adalah kandidat yang paling layak untuk mengganggu bisnis Anda seperti biasa.

Roadmap adalah gambaran tingkat tinggi dari visi dan tujuan perusahaan untuk produknya selama periode berikutnya. Roadmap perangkat lunak dirancang khusus untuk proyek pengembangan perangkat lunak. Ini adalah rencana strategis yang digunakan untuk menguraikan fungsionalitas produk di masa depan dan garis waktu kapan tim perlu memberikan fungsionalitas tersebut. 

Roadmap adalah alat visual untuk menyajikan informasi “penting” selama proyek atau pengembangan produk dan layanan. Dalam praktik bisnis, sering dipahami sebagai tampilan sederhana yang menunjukkan jalur ke tujuan yang ditentukan. Karena istilah tersebut tidak dibakukan, terserah pada pembuatnya untuk mendefinisikan informasi penting untuk jalan menuju tujuan itu sendiri; bisa berupa, misalnya, pencapaian, kenaikan, pengiriman, komponen kontrak, dll.

Sebagai alat, Roadmap mewakili urutan kejadian yang kasar dan berurutan dan dengan demikian menciptakan transparansi dalam suatu prosedur, idealnya memastikan keselarasan harapan, meningkatkan pemahaman bersama dari mereka yang terlibat dan membantu menyelaraskannya dengan tujuan .

Ini dibuat untuk penggunaan internal. Departemen penjualan dan pengembangan menggunakan Roadmap internal untuk mengeksplorasi detail produk, fitur, sasaran merek, dan manfaat pelanggan. Ini memberi tim perusahaan informasi tentang tahapan pengembangan produk sehingga mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang kemajuan dan strategi. Informasi ini hanya dapat disebarluaskan ke departemen perusahaan tertentu.

Sebuah bisnis mengembangkan Roadmap eksternal untuk mengkomunikasikan manfaat produk kepada konsumen. Pemasar juga berbagi Roadmap dengan mitra, pers, dan analis. Roadmap eksternal tidak menyertakan beberapa data spesifik tentang suatu produk tetapi menyoroti semua manfaat yang dapat diberikannya kepada konsumen

Ini memberitahu waktu untuk memberikan fitur baru ke target audiens. Roadmap fitur menginformasikan tentang detail fitur baru dan tanggal akan tersedia untuk pelanggan.

 Ini mencakup inisiatif yang harus diinvestasikan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Roadmap ini diperlukan untuk mempresentasikan upaya Anda kepada para eksekutif. Selain itu, Roadmap strategi sangat penting untuk tim internal karena membantu memahami bagaimana rilis memengaruhi strategi perusahaan secara keseluruhan.

Ini memerlukan serangkaian tindakan yang harus dilakukan tim perusahaan sebelum tanggal rilis. Roadmapmencakup tugas, penerima tugas, dan tanggung jawab mereka. Dengan bantuannya, tim penjualan, pemasaran, dan dukungan dapat menyelaraskan upaya mereka dan bekerja menuju kebaikan bersama

Ini menyiratkan pembuatan rencana terperinci di mana perusahaan mendefinisikan apa yang ingin dicapai dengan produknya dan cara melakukannya. Ini juga mencakup deskripsi persona pembeli dan manfaat yang dapat diberikannya kepada konsumen. Juga, Anda harus menyertakan pembeda produk Anda yang membuatnya menonjol di antara para pesaing. Informasi ini penting bagi pemangku kepentingan yang ingin mengetahui tujuan yang dapat dicapai suatu produk dan memutuskan apakah mereka harus berinvestasi.

Untuk melakukannya, Anda perlu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Pertama, disarankan untuk berkomunikasi dengan penjualan dan dukungan pelanggan untuk menerima informasi langsung tentang pelanggan. Departemen ini biasanya memiliki banyak informasi tentang klien dan umpan balik mereka. Ini mungkin membantu meningkatkan produk dengan menambahkan fitur baru atau menerapkan ide-ide hebat untuk rilis baru. Kedua, berkomunikasi dengan komunitas Anda. Orang yang sudah lama menggunakan produk Anda pasti tahu kelebihan dan kekurangannya. Ketiga, gunakan pengetahuan produk Anda. Ketika Anda mengetahui tentang fitur utama, kekuatan, dan kelemahan produk, Anda dapat dengan mudah memikirkan komponen yang paling penting bagi pelanggan Anda. Setelah itu, pikirkan untuk menghilangkan kekurangannya.

Tenggat waktu yang sulit membuat tim memberikan janji yang tidak bisa mereka tepati. Ingat, tujuan utama Roadmap produk Anda adalah untuk memandu tetapi tidak membatasi. Itulah mengapa lebih efisien memberi anggota tim cukup ruang dan waktu untuk melaksanakan tugas yang diperlukan.

Agar berhasil, suatu produk seringkali membutuhkan bantuan keuangan dari para pemangku kepentingan. Anda dapat mendorong mitra Anda untuk mendukung perusahaan Anda selama pengembangan produk dengan membuat dan menyesuaikanRoadmap yang menyoroti poin-poin yang mungkin menarik bagi pemangku kepentingan. Jangan lupa untuk menyebutkan fitur produk, potensi untuk menghasilkan penjualan, kemampuan produk untuk menonjol di antara pesaing , tanggal rilis, manfaat, dll.

Komponen Roadmap tidak berubah dari tim ke tim. Detailnya mungkin berbeda, tetapi dasarnya tetap sama. Roadmapproduk harus menjawab:

Dengan memasukkan elemen strategis, kerangka waktu, dan pekerjaan prioritas yang telah disetujui tim untuk diselesaikan, Anda dapat yakin bahwa Roadmap Anda memiliki semua jawaban yang benar.

Fungsi keseluruhan dari Roadmap teknologi adalah untuk menyelaraskan pemangku kepentingan target Anda, seperti TI, rekayasa perangkat lunak, eksekutif operasi, dan bahkan tim penjualan, dengan membuat tindakan untuk menerapkan solusi teknologi baru atau mempertahankan yang sudah ada. 

Metode ini membantu tim memvisualisasikan, mempersiapkan, dan melaksanakan hasil yang diinginkan untuk organisasi. Membuat Roadmap teknologi menyeluruh memberi Anda kemampuan untuk:

Menggunakan Roadmap menawarkan beberapa keuntungan dan juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut adalah daftar keuntungannya:

RoadmapnProduk berbeda dari satu jenis proyek ke jenis proyek lainnya. Roadmap yang berbeda didasarkan pada faktor yang berbeda seperti audiensnya, konstituennya, detail yang disebutkan, dan sebagainya. Beberapa contoh Roadmap umum adalah:

Strategi Roadmaps – Ini terutama berhubungan dengan rencana dan garis besar rinci dari proses dan situasi pasar.

Visionary Roadmap – Mendefinisikan roadmap seputar visi utama produk dan ekspektasi.

Roadmap Teknologi – Roadmap yang dirancang untuk tim produksi dengan detail teknis sederhana.

Roadmap Internal dan Eksternal – Ini berkisar pada berbagai jenis audiens yang akan dilayaninya dan informasi yang dibutuhkan untuk menjangkau mereka. Roadmap dapat dikategorikan berdasarkan audiensnya dan konstituen yang berbeda dan tujuan utama Roadmap tersebut untuk mereka. Beberapa contoh roadmap berdasarkan daerah pemilihan adalah:

Roadmap anda harus mencakup tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin dicapai oleh bisnis atau organisasi melalui penerapan teknologi. Sasaran-sasaran ini berfokus pada operasi bisnis yang dimungkinkan melalui sistem teknologi, di samping apa yang akan dibutuhkan untuk memelihara sistem seiring bisnis yang terus berkembang.

source

Leave a Reply

Your email address will not be published.

logo-whatsapp
1
error: