TikTok Marketing, 10 Strategi Terbaru Kembangkan Bisnis Secara Online

Published
On 04/01/2023
By gusviradigital


Kehadiran TikTok menambah daftar media sosial yang memiliki potensi membantu Anda memasarkan dan mengembangkan bisnis di Indonesia secara on line. TikTok menjadi sebuah fenomena seiring dengan jumlah pengguna internetwalaupun sebelumnya TikTok mendapat sambutan tidak menyenangkan karena hanya menunjukkan video joget anak muda yang dianggap tidak mendidik dan berbeda dengan budaya Indonesia.

Namun, seiring dengan semakin beragamnya konten yang hadir di TikTok serta jumlah pengguna yang semakin banyak, tentu menjadikan media sosial ini sebagai media promosi yang potensial untuk mempromosikan bisnis. Bagi Anda yang mulai melirik iklan TikTok untuk pemasaransimak 10 strategi berikut ini untuk Anda terkait pemasaran TikTok.

  1. Kenali Cara Kerja TikTok

TikTok adalah platform media sosial yang fokus pada membagikan video konten. Dimana setiap video berdurasi 15 detik dan dapat digabung menjadi 60 detik. Platform ini bisa jadi sarana untuk mempromosikan bisnis produk. Yaitu dengan membuat sebuah video produk, lalu tambahkan efek video dan latar musik yang dapat menarik penonton. Nantinya, pengguna TikTok bisa memberi komentar, like, bahkan share video produk tersebut. Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin tinggi peluang Anda semoga bermanfaat oleh TikTok ke pengguna lainnya. Selain itu, dengan engagement rate yang lebih tinggi dari InstagramTikTok tentu cocok untuk membangun kesadaran merek produk dengan lebih optimal.

  1. Buat Ide-Ide Kreatif Untuk Video TikTok

Sebenarnya membuat video ide kreatif TikTok tidak jauh berbeda dengan saat akan membuat konten blog. Anda bisa mencoba alat seperti saran uber untuk tahu tren kata kunci yang sesuai kebutuhan audiens atas produk bisnis Anda. Lalu, saja sebuah konten. Cara lainnya, Anda bisa bertanya pada audiens melalui postingan di media sosial atau melakukan jajak pendapat atas beberapa topik pilihan yang disukai. Namun, pada dasarnya, ide konten TikTok untuk bisnis tentu saja biasanya seputar peluncuran produk, tutorial, dan tantangan hashtag.

  1. Gunakan Hashtag Dalam Video-Video Kamu

Ingin strategi pemasaran TikTok Anda berhasil? Jangan lupa untuk menggunakan tanda pagar pada setiap video yang Anda buat. Pihak TikTok sendiri mengatakan bahwa tanda pagar, bagian dari informasi video, menjadi rujukan untuk kasih rekomendasi video kepada pengguna lain. Tapi jangan sembaran tanda pagar juga, ya. Gunakan yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda.

Misalnya, untuk konten tutorial memasak, Anda bisa menambahkan tanda pagar #tutorialmemasak atau #reseprahasia. Dengan hashtag itu, akan semakin banyak orang tahu promo Anda, dan kenal produk bisnis Anda dengan lebih baik, bukan?

  1. melakukan Kolaborasi dengan Influencer

Meski terbilang berlebihan, faktanya daya pikat pemberi pengaruh buat anggota pengikutnya menggunakan suatu produk itu cukup berhasil. Tak heran, 86 persen pemasar mempercayakan pemberi pengaruh untuk meningkatkan penjualan dan kesadaran merek.

Salah satu contohnya adalah brand jam tangan Daniel Wellington berhasil meningkatkan penjualan sampai 4700 persen hanya dalam tiga tahun saja. Mantap, kan? Itu semua berkat pemberi pengaruh lho. Yang penting dalam strategi ini, pilih pemberi pengaruh yang sesuai dengan target audiens dan tujuan promosi Anda.

  1. Konsisten Untuk melakukan Posting Konten

Ketika Anda mengupload video, follower Anda akan melihatnya. Lalu, ketika mereka menyukainya, akan ditampilkan juga di halaman pengguna pengguna itu. Semakin banyak like, video Anda bisa jadi akan ditampilkan masuk ke halaman untuk halaman Anda. Bayangkan jika hal itu terjadi setiap hari. Tujuan membangun brand awareness yang pasti semakin mudah tercapai, bukan?

  1. Jangan Abaikan Kolom Komentar

komentar dan menjawab pertanyaan audiens di sebuah posting tak kalah penting. Apalagi, hal inilah yang dapat meningkatkan keterikatan akun Anda.

Namun, apakah berarti semua komentar harus dibalas?

Tentu saja tidak. pilih yang paling memberikan informasi positif terkait produk Anda saja. Selain itu, jangan ragu berkomentar di postingan pengguna lain karena dapat meningkatkan kesadaran merek Anda. komentar, saat Anda berkomentar di postingan orang lain dan mendapatkan like, nama merek Anda bisa berada di urutan teratas. Itulah yang diterapkan TikTok.

  1. Buatlah Hashtag Untuk Setiap Tantangan

Tantangan tagar ini terbilang cukup efektif untuk mempromosikan produk bisnis. Sebab, untuk ikut serta dalam sebuah tantangan, kreator TikTok perlu memiliki produk lebih dulu. Jika video-video tantangan tersebut terlihat keren, orang yang melihatnya akan tertarik untuk membuat video tantangan serupa Artinya, akan semakin banyak orang yang membeli produk, bukan?

  1. Manfaatkan Fitur TikTok Ads

Tidak mau ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan layanan iklan berbayar lho. Anda mau menjangkau target audiens lebih cepat? TikTok menawarkan empat jenis produk iklan:

  • Iklan InFeed: iklan yang muncul saat pengguna scroll feed
  • Mempromosikan Tantangan Hashtag: iklan yang mengajak pengguna menggunakan tantangan tagar
  • Efek/Filter Bermerek : filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
  • Pengambilalihan Merek: iklan eksklusif berupa foto, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama kali membuka aplikasi.

Dari keempatnya, Iklan InFeed adalah yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini juga yang paling menguntungkan kok. berbeda, selain anggaran untuk memasang iklan relatif kecil, iklan itu nantinya akan muncul di feed audiens. Bahkan, untuk membuat iklan semakin optimal, ada pilihan penargetan minat dan perilaku penargetan. Sebenarnya, penagetan minat ini mirip seperti Iklan Facebook dan Iklan Instagram. Jadi, iklan hanya ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda

  1. Hasil Berdasarkan Data : Lihat Data di Iklan TikTok

Nah, jika menggunakan TikTok Ads, Anda akan mendapatkan data tersebut. Selanjutnya, Anda bisa melakukan analisa apakah promosi berjalan dengan baik. Caranya adalah

  • Klik menu Analitik di Akun TikTok Anda.
  • Lalu klik “lihat analitik” untuk melihat hasil analitik setiap postingan Anda.

TikTok juga memiliki fitur Analisis Pengikutyang bisa memberikan Anda lihat tentang perilaku pengikut Anda. Mulai dari konten seperti apa yang sering ditonton, kapan waktu mereka online, dan lainnya. Sehingga Anda bisa membuat konten-konten yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan Anda.

  1. Manfaatkan Fitur “Hidup” di TikTok Anda

Pencipta konten kini banyak bisa ditemui di media sosial apapun, Anda bisa memilih berbagai macam cara untuk toko Anda juga ramai di media sosial, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur streaming langsung di TIK tok yang membuat banyak orang untuk berinteraksi langsung dengan Anda.

Jika Anda adalah pengguna baru Tiktok dan ingin memasarkan produk Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat streaming langsung agar banyak penonton. Yuk simak di bawah ini:

  • Perkirakan kapan waktu terbaik anda untuk streaming langsung di Tiktok, untuk streaming langsungsebaiknya Anda memikirkan kapan jam siaran yang terbaik untuk mendapatkan penonton yang banyak ketika sedang hidup.
  • Durasi hidup jangan terlalu lama. Kapan Anda memutuskan untuk streaming langsung produk Anda, lebih baik tidak melebihi 30 menit karena penonton yang menonton hidup anda bisa saja bosan.
  • Gunakan diskon dan promosikan barang jualan Anda. Promosikan barang Anda dengan cara menampilkan barang yang anda jual dan sebutkan kelebihannya serta berilah diskon jika ada penonton streaming langsung Anda yang memutuskan untuk membeli langsung produk Anda.

Perlu diketahui, konten memiliki peranan penting dalam proses promosi produk, jasa, layanan, atau bisnis Anda. Hanya konten yang autentik, menarik, dan kreatif, yang bisa mencuri perhatian audiens dan membuat mereka mengenal bisnis Anda melalui konten-konten tersebut.

Sementara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, terutama pelanggan dari kalangan generasi milenial, TikTok merupakan platform untuk promosi yang tepat. Hal ini karena pengguna TikTok memang kebanyakan dari kalangan generasi Z.

Hal terakhir yang akan Anda dapatkan jika menerapkan strategi pemasaran TikTok untuk mengembangkan bisnis adalah konten promosi yang Anda buat secara soft selling dan unik akan jauh lebih mudah viral di TikTok. Nah, tertarik menggunakan TikTok sebagai media pemasaran online? Tunggu apa lagi! Langsung eksekusi saja ide brilian Anda dalam hal memuji dan semoga pelanggan Anda terus bertambah jumlahnya.

Postingan TikTok Marketing, 10 Strategi Terbaru Kembangkan Bisnis Secara Online muncul pertama kali di Merchant.id.



Source link

gusviradigital

gusviradigital

CV. Gusvira Digital Persada merupakan salah satu penyedia jasa layanan digital di Indonesia, dengan menawarkan berbagai kebutuhan untuk pemasaran produk

Related

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo-whatsappHubungi Kami
1
error: